PENGARUH KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP NILAI PEMBELIAN USAHA SEBLAK HOT BANDUNG DI PANTAI PANJANG KOTA BENGKULU

Nando, Pran Bela and Reflis, Reflis and Lathifah, Khairani (2025) PENGARUH KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP NILAI PEMBELIAN USAHA SEBLAK HOT BANDUNG DI PANTAI PANJANG KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI CETAK UNIVERSITAS Pran Bela Nando - Pran BN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui untuk menganalisis nilai pembelian
konsumen, dan untuk menganalisis pengaruh umur, jenis kelamin, pendidikan, dan
pendapatan responden terhadap nilai pembelian konsumen pada Seblak Hot Bandung di
Pantai Panjang Kota Bengkulu. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kuantitatif dan regresi linier berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian
ini terdiri dari 5 variabel, baik variabel bebas dan terikat maka jumlah yang akan
digunakan sebanyak 50 responden. Data menggunakan data primer melalui kuesioner dan
dokumentasi selama wawancara, serta data sekunder yang diperoleh dari penelitian
sebelumnya dan referensi yang tersedia. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai
pembelian dalam satu bulan adalah sebesar Rp71.320, dengan nilai terendah Rp20.000 dan
nilai tertinggi Rp322.000. Dari persentase, sebesar 88% konsumen mengeluarkan nilai
pembelian per bulan antara Rp20.000–120.000, kemudian sebesar 6% mengeluarkan nilai
pembelian antara Rp121.000–221.000, dan sebesar 6% lagi mengeluarkan antara
Rp222.000–Rp322.000. rata-rata nilai pembelian konsumen termasuk dalam kategori nilai
pembelian rendah. Hasil uji F menunjukkan nilai F hitung 2,665 > F tabel 2,561 adanya
pengaruh signifikan dengan nilai sebesar 0,044. Hasil uji t menunjukkan hanya variabel
jenis kelamin yang berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung 2,892 > t tabel 1,677
terhadap nilai pembelian. Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh variabel umur, lama
pendidikan, dan pendapatan responden. Kemudian hasil uji koefisien determinan
menunjukkan variabel jenis kelamin, umur, lama pendidikan, dan pendapatan responden
berpengaruh sebesar 19,2%, sedangkan 80,8% dipengaruhi oleh variabel yang tidak masuk
dalam perhitungan yang mungkin memberi pengaruh yang besar tapi tidak digunakan di
dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Pengaruh, Karakteristik Konsumen, Nilai Pembelian.
(Program Studi Agribisnis, Jurusan Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas
Bengkulu 2025)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:33
Last Modified: 25 Sep 2025 02:33
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26178

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini