PERSEPSI DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK ROTI AOKA DI KECAMATAN MUARA BANGKA HULU (Kasus Disinyalir Mengandung Bahan Pengawet Kosmetik Natrium Dehidroasetat)

Rani, Sarmika and Basuki, Sigit Priyono and Satria, Putra Utama (2025) PERSEPSI DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK ROTI AOKA DI KECAMATAN MUARA BANGKA HULU (Kasus Disinyalir Mengandung Bahan Pengawet Kosmetik Natrium Dehidroasetat). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI SARMIKA RANI FIKS perpus - Meysya Leonita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Persepsi masyarakat adalah cara pandang dan penilaian yang diberikan oleh individu
atau kelompok terhadap fenomena yang terjadi di sekitar mereka. Tujuan penelitian yaitu
menganalisis persepsi perilaku dan hubungan konsumen terhadap produk Roti Aoka di
Kecamatan Muara Bangka Hulu setelah munculnya isu tentang kandungan Natrium
Dehidroasetat. Penentuan lokasi penelitian ini dipilih secara sengaja (purposive) yaitu di
Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Metode Accidental sampling/Convenience sampling
merupakan metode yang digunakan untuk memperoleh sampel dalam penelitian ini di Kota
Bengkulu Provinsi Bengkulu. Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui data primer
dan data sekunder. Kuesioner merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang
dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada
responden untuk dijawabnya. Analisis Rank Spearman adalah uji statistik yang dipakai
untuk melihat ada tidaknya hubungan antar variabel dalam data (rank) yang berskala ordinal.
Variabel yang akan diukur hubungannya pada penelitian ini adalah antara variabel persepsi
dan atribut produk dengan perilaku pembelian konsumen terhadap Roti Aoka. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap atribut rasa roti aoka di
Kelurahan Muara Bangka Hulu dengan skor rata-rata 22,21, persepsi konsumen terhadap
atribut aroma roti aoka di Kelurahan Muara Bangka Hulu dengan skor rata-rata 21,55,
persepsi konsumen terhadap atribut harga roti aoka di Kelurahan Muara Bangka Hulu
dengan skor rata-rata 22,77, persepsi konsumen terhadap atribut tampilan produk roti aoka
di Kelurahan Muara Bangka Hulu dengan skor rata-rata 21,31, Persepsi konsumen terhadap
atribut tampilan kemasan roti aoka di Kelurahan Muara Bangka Hulu dengan skor rata-rata
21,88 dan dengan total persepsi konsumen 109,72. Total perilaku konsumen pada produk
roti aoka di Kelurahan Muara Bangka Huludengan rata-rata skor 81,77. Secara keseluruhan,
rata-rata skor perilaku konsumen mencapai 81,77, yang masuk dalam kategori baik.
Kata Kunci: Tingkat Persepsi, Konsumen, Rank Sperman
(Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian,
Universitas Bengkulu)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:07
Last Modified: 25 Sep 2025 03:07
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26214

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200