PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN (PBB-P2) BERBASIS SISTEM APLIKASI PAJAK DAERAH KABUPATEN KEPAHIANG

Muttaqin, Amrullah and Sugeng, Suharto and Achmad, Aminudin (2024) PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN (PBB-P2) BERBASIS SISTEM APLIKASI PAJAK DAERAH KABUPATEN KEPAHIANG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
TESIS AMARULLAH MUTTAQIN - Iswanto Lodika (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pelayanan Pembayaran PBB-P2 berbasis Sistem Aplikasi Pajak Daerah Kabupaten Kepahiang dan respon masyarakat. Penelitian
ini berjenis deskriptif kualitatif, yang diambil melalui metode purposive sampling, dimana informan dalam penelitian ini adalah Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kepahiang, Petugas PPB-P2 Badan Keuangan Daerah dan Kelurahan serta 5 orang masyarakat yang menggunakan Sistem Aplikasi Pajak Daerah Kabupaten Kepahiang untuk membayar PPB-P2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aplikasi
Pajak Daerah Kabupaten Kepahiang adalah aplikasi berbasis teknologi informasi yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam hal pelayanan
Pembayaran PBB-P2. Dimana Aplikasi Pajak Daerah Kabupaten Kepahiang menyediakan beberapa menu diantaranya Cek PBB-P2, E-SPPT dan E-STTS. Terdapat berbagai respon masyarakat terhadap pelayanan pembayaran PBB-P2 berbasis Sistem
Aplikasi Pajak Daerah Kabupaten Kepahiang pada aspek kualitas sistem yang mencakup kecepatan, fleksibilitas dan kemudahan digunakan, yang mana aplikasi dapat digunakan
dimana saja dan kapan saja serta mudah untuk digunakan. Pada aspek kualitas informasi aplikasi memiliki keringkasan dan kemudahan pemahaman informasi namun ketepatan
waktu aplikasi Pajak Daerah Kabupaten Kepahiang terkadang membutuhkan waktu sampai dengan 10 (sepuluh) menit dan untuk beberapa pembayaran ada yang sampai
dengan 24 (dua puluh empat) jam. Pada aspek kualitas layanan sistem, aplikasi memiliki daya tanggap yang efektif, jaminan keamanan, serta empati yang dapat memberikan
notifikasi jika terjadi kesalahan, namun belum ada fasilitas untuk berkomunikasi langsung dengan petugas PBB-P2.
Kata Kunci: Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Postgraduate Program > Master of Public Administration Program
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:37
Last Modified: 25 Sep 2025 03:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26229

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200