Wulandari, Putri Cahaya and Ketut, Sukiyono and Lathifah, Khairani (2025) KAJIAN KEPUASAN PETANI CABAI MERAH KERITING TERHADAP LEMBAGA PEMASARAN DAN PENGADAAN INPUT DI PROVINSI BENGKULU SERTA FAKTOR DETERMINANNYA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
Skripsi_Putri Cahaya Wulandari_E1D020099 - MNS Surya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Cabai merah keriting merupakan komoditas hortikultura unggulan di Provinsi
Bengkulu, terutama di Kabupaten Rejang Lebong dan Kepahiang. Dalam proses produksi
dan pemasaran cabai, petani bergantung pada dua lembaga penting: lembaga pemasaran
(tengkulak, pedagang) dan lembaga pengadaan input (penyedia benih, pupuk, pestisida).
Tingkat kepuasan petani terhadap kinerja lembaga-lembaga ini dapat memengaruhi
keberhasilan dan keberlanjutan usahatani mereka. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini
adalah menganalisis kepuasan petani terhadap layanan lembaga pemasaran dan pengadaan
input dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode analisis yang
digunakan dalam penelitian ini ialah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer
Satisfaction Index (CSI). Skala Likert digunakan untuk mengukur sikap dan persepsi
responden. Regresi logistik multinomial digunakan untuk menentukan faktor-faktor yang
memengaruhi kepuasan petani.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kinerja dan tingkat kepentingan yang
diukur melalui IPA pada lembaga pemasaran menunjukkan bahwa kinerja pelayanannya
sebesar 90,68%. Pada lembaga pengadaan input menunjukkan bahwa kinerja pelayanannya
sebesar 96,21%. Nilai CSI pada penilaian petani cabai merah keriting terhadap lembaga
pemasaran yaitu sebesar 76,98%, yang artinya bahwa petani cabai merah keriting merasa
sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan. Pada lembaga pengadaan input nilai CSI
yang diperoleh sebesar 81,49%, yang artinya bahwa petani cabai merah keriting merasa
sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan. Pada lembaga pemasaran hanya dua variabel
yang berpengaruh terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan petani, Sedangkan
pada lembaga pengadaan input tidak ada satupun variabel yang berpengaruh terhadap faktorfaktor yang mempengaruhi kepuasan petani.
Kata Kunci : Cabai Merah Keriting, Pemasaran, Pengadaan Input, IPA, CSI, Logit.
(Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian,
Universitas Bengkulu 2025)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
| Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
| Depositing User: | Sugiarti, S.IPust |
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:21 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 03:21 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26234 |

