Putri, Mellyana Anindi and Endang, Widi Winarni and Abdul, Muktadir (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN LKPD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS MELLYANA ANINDI PUTRI - Mellyana Anindi Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul ajar berbantuan LKPD
Interaktif materi siklus air dengan model kooperatif type jigsaw untuk
meningkatkan hasil belajar kognitif. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model
ADDIE. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif .
Berdasarkan hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa penerapan modul ajar
dengan model kooperatif type jigsaw berbantuan LKPD Interaktif
meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan
hasil Hasil penelitian diketahui menunjukkan bahwa nilai hasil Berdasarkan
hasil uji N-Gain diatas menunjukan bahwa nilai N-Gain pada hasil belajar
kognitif meliputi C4, C5 dan C6 untuk kelas eksperimen dengan modul ajar ajar
materi siklus air dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw berbantuan LKPD interaktif rata-rata 0,77 termasuk dalam kategori
efektif. penerapan pembelajaran IPAS dengan modul ajar berbasis model
kooperatif type jigsaw berbantuan LKPD Interaktif meningkatkan signifikan
terhadap hasil belajar kognitif.
Kata kunci : Modul Ajar, model kooperatif type jigsaw, LKPD Interaktif, hasil
belajar kognitif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:37 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26240 |