ANALISIS PERILAKU PENGENDARA TERHADAP KECEPATAN BERKENDARA (STUDI KASUS RUAS JALAN RAYA LINTAS UTAMA SUMATERA, KELURAHAN PETANANG ULU, KECAMATAN LUBUKLINGGAU UTARA I, KOTA LUBUKLINGGAU)

AKBAR, MUHAMMAD DIEGO and Makmun, Reza Razali and Agustin, Gunawan (2025) ANALISIS PERILAKU PENGENDARA TERHADAP KECEPATAN BERKENDARA (STUDI KASUS RUAS JALAN RAYA LINTAS UTAMA SUMATERA, KELURAHAN PETANANG ULU, KECAMATAN LUBUKLINGGAU UTARA I, KOTA LUBUKLINGGAU). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI_Muhammad Diego Akbar_G1B020098_upload - Diego Akbar234.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Kota Lubuklinggau adalah salah satu kota terbesar di Sumatera Selatan dengan luas
wilayah 401,5 km2
. Berdasarkan data kecelakaan lalu lintas dari Kepolisian Resor
Kota Lubuklinggau dari tahun 2010 sampai 2022, ruas Jalan Raya Lintas Utama
Sumatera, Kecamatan Petanang Ulu, termasuk penyumbang jumlah kecelakaan
yang cukup tinggi di Kota Lubuklinggau. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah
untuk memperoleh angka kecepatan berkendara dan perilaku pengendara serta
keterkaitan antara kecepatan kendaraan terhadap perilaku pengendara. Penelitian
dilakukan dengan menggunakan alat Speed Gun dengan metode distribusi
frekuensi, data dari kusioner online menggunakan metode skala likert dan untuk
mengetahui keterkaitan dari kecepatan kendaraan terhadap perilaku pengendara
menggunakan metode regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data
kecepatan kendaraan yang di survei langsung di lokasi menggunakan alat Speed
Gun, dan data hasil dari kuisioner online untuk mengetahui perilaku pengendara
serta populasi responden laki-laki dan perempuan yang melewati Jalan
Raya Lintas Utama Sumatera. Analisis kecepatan kendaraan yang telah dilakukan,
pada arus lalu lintas rendah dan arus lalu lintas sedang pengendara perempuan lebih
disipin saat berkendara dari pada pengendara laki-laki. Pada Arus lalu lintas tinggi
pengendara laki-laki lebih disipin saat berkendara dari pada pengendara
perempuan. Hasil metode regresi linier berganda dan hipotesis menghasilkan
keterkaitan variabel independen terhadap variabel dependen. Perilaku pengendara
yang paling dominan terhadap kecepatan kendaraan menurut responden yaitu faktor
sikap disiplin dengan nilai R square sebesar 63,6%, dengan total R square dari
masing – masing faktor sebesar 75,3% dikatagorikan kuat.
Kata kunci : kecepatan kendaraan, jalan lintas utama sumatera, perilaku
pengendara

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:49
Last Modified: 25 Sep 2025 03:49
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26260

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200