PENGEMBANGAN BUKU AJAR PUISI BERBASIS PEGAGOGI GENRE UNTUK SISWA SMP/MTs

Astuti, Astuti and Ria, Ariesta and Noermanzah, Noermanzah (2025) PENGEMBANGAN BUKU AJAR PUISI BERBASIS PEGAGOGI GENRE UNTUK SISWA SMP/MTs. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
ASTUTI _A2A022019 Tesis PDF - Astuti Bengkulu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Buku ajar memegang peranan penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran di
sekolah, terutama untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan berpuisi siswa.
Namun, buku ajar Bahasa Indonesia yang digunakan di sekolah umumnya kurang
mengembangkan keterampilan bersastra, khususnya keterampilan berpuisi yang
meliputi menyimak puisi, membaca dan memirsa puisi, berbicara dan
mempresentasikan puisi, serta menulis puisi. Buku ajar yang ada juga masih memiliki
keterbatasan terutama pada aspek keluasan materi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan buku ajar puisi berbasis pedagogi genre untuk siswa SMP.
Pedagogi genre dipilih karena model pembelajaran ini secara sistematis mampu
membimbing siswa untuk belajar memahami konsep dan terampil berpuisi melalui
empat tahapan, yaitu membangun konteks, pemodelan, pembimbingan kelompok,
dan pembimbingan individu. Penelitian ini menggunakan metode Research and
Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain,
pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Kelayakan buku ajar dinilai melalui
validasi ahli dan uji coba lapangan yang melibatkan guru dan siswa SMP. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa buku ajar puisi berbasis pedagogi genre layak
digunakan ditinjau dari materi, struktur, desain, bahasa, dan kelengkapan sintak
pembelajaran. Tingkat pencapaian Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP)
siswa pada uji coba lapangan mencapai 100% untuk keterampilan berbicara dan
mempresentasikan puisi, serta 72% untuk keterampilan menulis puisi. Hasil ini
menunjukkan bahwa buku ajar ini dapat membantu siswa dalam belajar memahami
konsep dan terampil berpuisi secara bertahap.
Kata kunci: pengembangan, buku ajar puisi, berbasis pedagogi genre, siswa SMP

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 25 Sep 2025 08:17
Last Modified: 25 Sep 2025 08:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26314

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200