KEMAMPUAN LITERASI SISWA SMP DI KEPAHIANG

Wulandari, Atia Abdianti and Noermanzah, Noermanzah and Didi, Yulistio (2025) KEMAMPUAN LITERASI SISWA SMP DI KEPAHIANG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
ATIA - Atia Abdiantiwlndr.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Literasi Siswa SMP di Indonesia berdasarkan hasil PISA 2022 masih rendah,
khsusnya pada kemampuan literasi di SMP Kepahiang. Berdasarkan hasil observasi
dan wawancara di SMP Kepahiang diketahui membaca belum menjadi budaya di
sekolah, sehingga tingkat literasi masih rendah. Ada banyak faktor yang
memengaruhi rendahnya literasi siswa. Faktor utamanya adalah lingkungan yang
tidak mendukung, seperti kurangnya bahan bacaan dan perpustakaan berbasis
lingkungan yang ada di wilayah sekitar tempat tinggal. Selain itu dukungan keluarga
yang tidak mendampingi proses belajar di rumah membuat budaya literasi kurang
dimaksimalkan. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
kemampuan literasi dalam menemukan informasi , mendeskripsikan kemampuan
literasi dalam menginterpretasi dan mengintegrasikan informasi , dan
mendeskripsikan kemampuan literasi dalam mengevaluasi dan merefleksi siswa
SMP di Kepahiang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Metode deskriptif adalah penelitian
yang digunakan untuk memahami fenomena sosial atau perilaku manusia melalui
analisis deskriptif, interpretatif, dan kontekstual. Adapun teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Kemampuan mengakses dan
menemukan informasi rentang skor adalah 6,32 yang menunjukkan level kategori
Cukup yang artinya kemampuan siswa dalam mencari dan memperoleh informasi
secara tersurat sudah dikuasai oleh siswa namun belum efektif. Kemampuan
menginterpretasi dan mengintegrasi adalah 10,4 yang berada di level kategori
Cukup, sehingga menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menangkap makna
teks secara tersirat belum maksimal terutama jika mengaitkan teks bacaan menjadi
kesatuan utuh yang tidak hanya dilihat dari makna tersurat tetapi juga makna tersirat.
Kemampuan mengevaluasi dan merefleksi diperoleh rentang skor adalah 6,55 yang
berada pada level kategori t Kurang yang menunjukkan bahwa kemampuan siswa
SMP di Kepahiang dalam hal mengembangakan pemahaman terhadap teks secara
mendalam masih di bawah standar.
Kata kunci: Kemampuan, Literasi, dan Siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 25 Sep 2025 08:17
Last Modified: 25 Sep 2025 08:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26315

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200