Yuliantri, Ayu and Noermanzah, Noermanzah and Catur, Wulandari (2025) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MENULIS TEKS DESKRIPSI BERBASIS PEDAGOGI GENRE UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AYU YULIANTRI-A2A022023 - ayu yuliantri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Buku ajar menulis teks deskripsi yang ada belum melatih siswa menulis teks
deskripsi sesuai harapan kurikulum Merdeka. Maka, perlu dikembangkan buku
ajar menulis teks deskripsi berbasis pedagogi genre. Untuk itu, tujuan
penelitian ini mengembangkan buku ajar menulis teks deskripsi berbasis
pedagogi genre pada siswa kelas VII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian ADDIE. Teknik pengumpulan data
menggunakan dokumentasi, wawancara, angket, observasi, dan tes. Teknik
analisis data menggunakan uji kelayakan dan uji N-gain (g). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa buku ajar menulis teks deskripsi berbasis pedagogi
genre layak dan efektif digunakan oleh siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil
kelayakan dari segi materi, bahasa, dan desain. Kemudian dari hasil uji
efektivitas menunjukkan buku ajar menulis teks deskripsi berbasis pedagogi
genre mampu meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi dari nilai rata-
rata pretes 59,4 menjadi 80. Buku ajar menulis teks deskripsi berbasis
pedagogi genre memiliki 4 langkah, dimulai dari membangun konteks menulis
teks deskripsi, pemodelan, mengkonstruksi teks deskripsi bersama, dan
mengkonstruksi teks deskripsi secara mandiri.
Kata kunci: Pengembangan Buku Ajar, Menulis Teks Deskripsi, Model
Pedagogi Genre
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 08:17 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 08:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26316 |