PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI GURU BAHASA INDONESIA KOTA BENGKULU

Susanti, Dewi and Arono, Arono and Ria, Ariesta (2025) PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI GURU BAHASA INDONESIA KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
DEWI SUSANTI (A2A022028) TESIS - Dewi Susanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Pemanfaatan Platform Merdeka
Mengajar Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Guru Bahasa Indonesia Kota
Bengkulu di SMK Negeri 6 Seluma dan SMA Negeri 3 Kota Bengkulu yang
dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang dilakukan
dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan,
data dianalisis secara pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
platform merdeka mengajar memiliki tampilan yang mudah dipahami dan mudah
diakses. Fitur yang tersedia berupa asesmen murid, pelatihan mandiri, komunitas,
bukti karya, video inspiratif. Fitur pengelolaan kinerja yang ada di platform
tersebut juga memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan keterlibatan dan
produktivitas guru. Dengan menggunakan fitur pelatihan mandiri, guru dapat
memenuhi standar penilaian kinerja mereka secara lebih aktif. Berdasarkan
survei, penggunaan Platform Merdeka Mengajar tersebar merata di berbagai
mata pelajaran, dengan Bahasa Indonesia sebagai salah satu bidang yang paling
banyak terlibat. Hal ini menunjukkan bahwa platform ini mendukung peningkatan
kompetensi guru di berbagai disiplin ilmu. Pembelajaran berdiferensiasi juga
dilakukan dalam 4 bentuk, yakni berdiferensiasi dalam lingkungan belajar, konten,
proses dan produk. Berdiferensiasi berakar pada pemetaan kebutuhan belajar
peserta didik. Pemetaan kebutuhan belajar peserta ini didapat melalui survei
awal, pretes atau dikenal dengan istilah asesmen awal. Selanjutnya, guru
merancang pembelajaran bahasa Indonesia sesuai hasil pemetaan. Guru juga
melakukan evaluasi dan refleksi diferensiasi ini memerlukan lebih banyak waktu
untuk melakukannya dan waktu inilah yang sering menjadi hambatan guru.
Tetapi, pembelajaran berdiferensiasi sudah dilakukan dengan pemanfaatan
platform merdeka mengajar sebagai sumber referensi dan inspirasi bagi orang
lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan platform pengajaran
mandiri ini dapat meningkatkan kualitas, keterampilan, kreativitas dan potensi
setiap guru.
Kata Kunci: Pemanfaatan, Platform Merdeka Mengajar, Guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 25 Sep 2025 08:17
Last Modified: 25 Sep 2025 08:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26317

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200