Lestari, Dewi Ayu and Didi, Yulistio and Dian Eka Chandra, Wardhana (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS CERITA HIKAYAT BERBASIS PEDAGOGI GENRE UNTUK SISWA SMA KELAS X. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DewiAyuLestarii.docx - Dewi Ayu Lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui kebutuhan bahan ajar teks cerita Hikayat,
2) mendeskripsikan desain untuk pengembangan bahan ajar, 3) mengetahui hasil uji
kelayakan bahan ajar yang dikembangkan, 4) dan mengetahui efektivitas dari
penggunaan bahan ajar yang telah dikembangkan. Metode penelitian pengembangan
R&D (Researh dan Development). Teknik pengumpulan data kuesioner, observasi
dan dokumentasi. Instrumen penelitian kisi-kisi kuesioner. Teknik analisis data rumus
mencari nilai presentase dan rumus Uji-T pada SPSS. Hasil penelitian dan
pembahasan berdasarkan analisis kebutuhan sangat dibutuhkan dikarenakan
kesulitan bahan ajar mengenai teks cerita hikayat. Desain pengembangan
menggunakan aplikasi Canva dan Microsoft Word. Uji validasi dari ahli media, ahli
desain, dan ahli bahasa dikategorikan sangat layak namun perlu dilakukan revisi. Uji
efektivitas dengan dilakukan pre test dan post test menunjukan bahwa nilai siswa
mengalami kenaikan yang signifikan setelah memakai bahan ajar. Berdasarkan dari
hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dapat meningkatkan hasil
belajar siswa yang signifikan sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar teks
cerita hikayat.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Teks Cerita Hikayat, Pedagogi Genre
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 08:17 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 08:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26318 |