Anggeraeni, Dwi and Agus, Trianto and Nafri, Yanti (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK PEMBELAJARAN SASTRA CERITA RAKYAT DI SMP KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DWI ANGGERAENI_A2A022026_PERPUS - Dwi Anggeraeni.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini secara umum untuk menghasilkan video pembelajaran
berbantuan artificial intelligence (AI) cerita rakyat di SMP Kota Bengkulu.
Pada materi cerita rakyat semester ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas
VII SMP. Dengan populasi siswa kelas VII SMP N 3 Kota Bengkulu menggunakan
sampel penelitian teknik purposive sampling yaitu sampel yang digunakan mewakili
populasi berjumlah 53 siswa. Instrumen yang digunakan angket validator ahli
materi, ahli media, respon guru dan siswa. Teknik pengumpulan data kualitatif
berupa cerita rakyat Bengkulu dan data kuantitatif berupa angket. Teknik analisis
data yang digunakan skala likert. Metode penelitian yang digunakan
Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan
yaitu tahap analisis kebutuhan yang diambil dari analisis kebutuhan materi, siswa
dan guru. Terdapat 3 cerita rakyat Bengkulu berdasarkan analisis kebutuhan yaitu
Putri Gading Cempaka, Muning Raib dan Anak Lumang. Tahap desain
menggunakan aplikasi Microsoft Image Creator, Power Point, Runway dan InShot.
Gambar yang digunakan memiliki kesesuaian dengan latar cerita rakyat. Tahap
pengembangan penilaian produk yaitu dari validator ahli materi dan ahli media
dengan hasil kategori layak untuk digunakan dengan sedikit revisi. Tahap
implementasi yaitu pelaksanaan uji coba produk video pembelajaran cerita rakyat
Bengkulu di kelas VII SMP N 3 Kota Bengkulu. Tahap evaluasi yaitu tahap saran
dan perbaikan mengenai video pembelajaran ada video yang berdurasi pendek.
Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi, ahli media serta respon guru dan siswa
diketahui bahwa produk yang dihasilkan berupa video pembelajaran cerita rakyat
Bengkulu dapat membantu guru dalam proses pembelajaran agar dapat membuat
suasana yang tidak cepat bosan bagi siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa video pembelajaran ini dinyatakan layak untuk digunakan siswa
dalam pembelajaran fase D memirsa pada siswa kelas VII SMP.
Kata Kunci : Cerita Rakyat, Sastra, SMP, Pengembangan, Video
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 08:17 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 08:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26320 |