Nurhalipah, Mia and Ria, Ariesta and Gumono, Gumono (2025) ANALISIS ISI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X SMA BERDASARKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KURIKULUM MERDEKA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mia Nurhalipah (A2A022011) - Mia Nurhalipah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan buku teks Bahasa Indonesia kelas X
berdasarkan capaian pembelajaran Fase E dan profil pelajar Pancasila. Data diperoleh
dari buku teks Bahasa Indonesia kelas X penerbit Masmedia tahun 2022. Data
dianalisis menggunakan metode kualitatif dan teknik analisis data berupa pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian diuraikan sebagai
berikut (1) CP pada buku teks elemen menyimak yaitu didominasi dengan kompetensi
mengevaluasi dibandingkan dengan mengkreasi informasi. CP membaca dan memirsa
didominasi dengan muatan kompetensi membaca dibandingkan dengan memirsa.
Muatan berbicara dan mempresentasikan telah sesuai dengan CP fase E, yaitu
kompetensi mengolah dan menyajikan dan mempersiapkan materi ditemukan
dikeseluruhan bab. CP menulis adanya muatan kompetensi menulis berbagai tujuan
secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional atau fiksi, kompetensi
menulis teks eksposisi hasil penelitian, kemudian kompetensi mengalihwahanakan satu
teks ke teks lainnya. (2) Muatan profil pelajar pancasila pada buku teks, dimensi
pertama memuat seluruh sub elemen, kecuali akhlak kepada alam. Dimensi
berkebinekaan global hanya satu sub elemen yakni Refleksi dan Bertanggung jawab
Terhadap Pengalaman Kebhinekaan. Dimensi mandiri memuat seluruh elemen yakni
pemahaman diri dan situasi yang dihadapi dan regulasi diri. Dimensi bergotong royong
memiliki tiga sub elemen, namun hanya satu sub elemen yang muncul berupa
kolaborasi yang ditemukan pada seluruh bab. Dimensi bernalar kritis memiliki tiga sub
elemen, namun yang tersaji pada buku teks hanya dua sub elemen berupa memperoleh
dan memproses informasi dan gagasan dan refleksi pemikiran dan proses berpikir.
Dimensi kreatif memiliki dua sub elemen dan keduanya tersajikan pada buku teks
melalui aktivitas kelompok maupun individu.
Kata Kunci: Buku Teks, Capaian Pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila Kurikulum
Merdeka, Kelas X
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 08:17 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 08:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26323 |