PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN LITERASI MEMBACA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 REJANG LEBONG

Ardiansyah, Achmat and Agus, Trianto and Didi, Yulistio (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN LITERASI MEMBACA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 REJANG LEBONG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS ACHMATARDIANSYAH_A2A022001pdf - Achmat Ardiansyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1. analisis
kebutuhan dalam mengembangkan instrumen asesmen literasi membaca
pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Rejang Lebong; 2. Desain
pengembangan instrumen asesmen literasi membaca pada Siswa Kelas
VII SMP Negeri 13 Rejang Lebong; 3. Pengembangan instrumen
asesmen membaca berbasis lietrasi budaya pada Siswa Kelas VII SMP
Negeri 13 Rejang Lebong; 4. Implementasi pengembangan instrumen
asesmen literasi membaca pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Rejang
Lebong; dan 5. Evaluasi pengembangan instrumen asesmen literasi
membaca pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Rejang Lebong.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur
pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah
siswa SMP Negeri 13 Rejang Lebong dengan sampel penelitian kelas 7A
dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data adalah angket,
dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
dengan soal pilihan ganda sebanyak 25 soal. Adapun hasil penelitian
sebagai berikut: 1. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, maka
pengembangan instrumen asesmen litterasi membaca sangat dibutuh
pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Rejang Lebong; 2. Tahap desain
didasarkan pada kisi-kisi pengembangan soal dengan jumlah butir soal
sebanyak 25 Soal Pilihan ganda dengan kategori tingkatan HOTS berada
pada level C4 dan C5; 3. Tahap pengembangan berupa validasi
menunjukkan bahwa skor yang didapat berada pada kategori “Cukup
Valid” dengan rentang skor antara 0,4 < V ≤ 0,8; 4. Tahap implementasi
proses pengembangan dengan hasil persentase angket respon siswa
terhadap instrumen asesmen literasi membaca dengan persentase
sebesar 75,63 %, berada dikategori praktis; 5. Tahap evaluasi dapat dapat
disimpulkan instrumen asesmen literasi membaca dapat mengukur
kemampuan membaca secara efektif.
Kata Kunci: Pengembangan, Instrumen, Asesmen, Membaca dan Literasi
Budaya

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:00
Last Modified: 26 Sep 2025 03:00
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26340

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200