Ardiansyah, Bob and Nafri, Yanti and Agus, Trianto (2025) MODEL PEMBELAJARAN PEDAGOGI GENRE MEMIRSA PUISI RAKYAT MELALUI PEMANFAATAN VIRTUAL REALITY (VR). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS_BOBI ARDIANSYAH_A2A022027_compressed_compressed (1) - BOBI ARDIANSYAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran memirsa puisi rakyat selama ini umumnya menggunakan model
pembelajaran berbasis masalah yang masih terbatas pada metode ceramah dan
diskusi. Media pembelajaran yang digunakan pun hanya sebatas papan tulis dan
presentasi PowerPoint, sehingga kurang menarik serta berdampak pada rendahnya
minat, keterlibatan siswa, dan lemahnya pemahaman mereka dalam memirsa puisi
rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran
Pedagogi Genre dalam pembelajaran memirsa puisi rakyat dengan memanfaatkan
teknologi Virtual Reality (VR). Metode yang digunakan adalah Research and
Development dengan pendekatan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari
lima tahap: analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.
Penelitian dilakukan dengan melibatkan guru dan siswa kelas X di SMKN 6 Seluma,
Kabupaten Seluma. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, angket, serta
validasi ahli, yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan statistik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model pembelajaran Pedagogi Genre berbasis VR yang
dikembangkan layak digunakan dari segi materi, media, dan manfaat. Implementasi
model ini mendapatkan respons positif dari guru dan siswa. Model pembelajaran ini
terdiri atas langkah-langkah membangun konteks, pemodelan, konstruksi terbimbing,
dan konstruksi mandiri. Video pembelajaran yang memanfaatkan teknologi VR
mengintegrasikan teks, gambar, serta puisi rakyat Sekujang, sehingga meningkatkan
kualitas dan efektivitas pembelajaran memirsa puisi rakyat. Virtual Reality (VR) dalam
pembelajaran memiliki karakteristik utama seperti pengalaman imersif, interaktif, dan
berbasis simulasi realitas, yang memungkinkan siswa merasakan suasana puisi
rakyat secara langsung. Meskipun dalam penelitian ini masih perlu penelitian lanjutan
karena terdapat beberapa keterbatasan penelitian.
Kata Kunci: Pedagogi Genre, Puisi Rakyat, Virtual Reality, Pembelajaran Sastra
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 03:00 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 03:00 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26346 |