PENGEMBANGAN E- MODUL MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 LUBUKLINGGAU

Andika, Reta and Arono, Arono and Agus, Trianto (2025) PENGEMBANGAN E- MODUL MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 LUBUKLINGGAU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TRSISI_RETA_s2_merged - Andika Reta.pdf] Text
TRSISI_RETA_s2_merged - Andika Reta.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TRSISI_RETA_s2_merged - Andika Reta.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Bahan ajar yang digunakan di SMAN 5 Lubuklinggau yaitu buku teks dan belum
mengunakan E-Modul atau modul Bahasa Indonesia yang terdapat beberapa
materi dan evaluasi soal , sehingga terbatas pada satu konsep bahan ajar saja.
Sedangkan menurut kurikulum merdeka yang ada sekarang seharusnya di
dalam buku ajar berisikan materi sekaligus bahan belajar bahasa melalui
proses kegiatan berbahasa, sedangkan ada banyak bahan ajar buku yang ada
dan di antaranya bahan ajar yang menggunakan hal tersebut ialah model PBL.
Untuk itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan E-Modul ajar berbasis PBL.
Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu model
pengembangan ADDIE yang digunakan untuk melakukan penilaian terhadap E-
Modul membaca puisi yang berbasis PBL. adapun masalah yang akan di
seesaikan yaitu bagaimana kebutuhan guru dan siswa terhadap bahan ajar E-
Modul, bagaimana hasil desain E-Modul, apakah e-Modul layak digunakan,
dan apakah pengunaan E-Modul efektif digunakan. Populasi dan sampel atau
subjek penelitian ialah siswa/siswi SMAN 5 Lubuklinggau, tepatnya kelas X .
dan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan
angket. Sedangkan teknik analisis data adalah uji kevalidan, uji kepraktisan,
dan uji efektifitas. Hasil penelitian membuktikan bahwa E-Modul membaca puisi
berbasis PBL valid, praktis, dan efektif dengan angka validasi design V 0,75,
validasi bahasa V 0,78, validasi materi V 0,75. Persentase kepraktisan respons
guru 80%, uji kelpmpok kecil 77%, persentase uji lapangan/kelompok besar
76%. Efektifitas buku ajar dengan hasil rata-rata 75,29 bahwa t_hitung>t_tabel,
yaitu 4,59>1,70 sehingga dapat dinyatakan terima Ha dan tolak Ho. Dan E-
Modul ini memiliki karakteristik atau kelebihan tersendiri yaitu "self-
instruction" (dapat dipelajari sendiri), "self-contained" (materi lengkap dalam
satu modul), "stand alone" (tidak bergantung pada bahan ajar lain), "adaptif"
(dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna), dan "user friendly" (mudah
digunakan) E-Modul membaca puisi yang dikembangkan berbasis PBL yang
dimana model pembelajaran mengunakan proyrk atau kegiatan sebagaimedia
serta peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interprentasi, sintesis dan
informasi.
Kata kunci: E-Modul, Problem Beasd Learning, Puisi,.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:00
Last Modified: 26 Sep 2025 03:00
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26349

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200