PENERAPAN METODE GENIUS LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X.B SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Haryati, Lenny and Amrul, Bahar and Samsul, Bahri (2009) PENERAPAN METODE GENIUS LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X.B SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam UNIB.

[thumbnail of LENNY HARYATI-2.pdf] Text
LENNY HARYATI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar kimia siswa melalui penerapan Metode Genius Learning.Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research).
Dengan subjek penelitian siswa kelas X.B SMA Negeri 6 kota Bengkulu
tahun ajaran 2008/2009. penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus,
dimana tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2)
Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Lembar
observasi siswa digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa
di kelas ketika proses belajar mengajar berlangsung dan tes di gunakan
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis
hasil dan pembahasan, diketahui bahwa penerapan Metode Genius
Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini
dapat terlihat dari aktivitas siswa meningkat dari siklus I hingga siklus III
dimana pada siklus I diperoleh rata-rata skor 24 dengan kategori baik,
siklus II rata-rata skor 26 dengan kategori baik, dan siklus III rata-rata skor
meningkat menjadi 27,5 juga dalam kategori baik. Untuk hasil belajar
siswa juga meningkat dari siklus I hingga siklus III dimana pada siklus I
menunjukkan nilai rata-rata 72,75; daya serap klasikal 72,75 % dan
ketuntasan belajar 68,96 %, siklus II menunjukkan nilai rata-rata 74,81;
daya serap klasikal 74,81 %, dan ketuntasan belajar klasikal 85,18 %,
siklus III menunjukkan nilai rata-rata 80,37; daya serap klasikal 80,37 %,
dan ketuntasan belajar klasikal 92,59 %.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 01 Dec 2013 02:43
Last Modified: 01 Dec 2013 02:43
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2635

Actions (login required)

View Item
View Item