PENGARUH DAYA TARIK WISATA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG PENGUNJUNG WISATA KULINER BENGKULU (Studi Kasus Pada Rumah Makan Sembam Ikan Marola Bengkulu)

Putri, Depriyati Amril and Afrima, Widanti (2025) PENGARUH DAYA TARIK WISATA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG PENGUNJUNG WISATA KULINER BENGKULU (Studi Kasus Pada Rumah Makan Sembam Ikan Marola Bengkulu). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI DEPRIYATI AMRIL PUTRI -1 - Depriyati Amril Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Industri pariwisata memberikan kontribusi yang signifikan terhadap
pertumbuhan ekonomi suatu negara, salah satu aspek yang berkembang pesat dalam
industri ini adalah wisata kuliner. Wisata kuliner menjadi salah satu pilar penting
dalam industri pariwisata, di mana banyak wisatawan mencari pengalaman autentik
melalui makanan dan minuman yang menjadi ciri khas suatu daerah yang
dikunjungi. Rumah makan ikan sembam merupakan salah satu rumah makan yang
menyajikan masakan yang memiliki ciri khas daerah Bengkulu. Rumah makan ini
menawarkan berbagai olahan hasil laut yang didapatkan langsung dari para nelayan
di Kota Bengkulu.
Rumah makan ini banyak diminati oleh wisatawan selain karena olahan
makanannya juga karena panorama alam yang disajikan. Hal ini dikarenakan rumah
makan sembam ikan marola berada di kawasan wisata pantai berkas Bengkulu.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh daya tarik wisata
terhadap minat berkunjung ulang pengunjung rumah makan ikan sembam marola
Bengkulu. 2) Untuk Mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap minat
berkunjung ulang pengunjung rumah makan ikan sembam marola Bengkulu. 3)
Untuk mengetahui apakah daya tarik wisata dan kualitas layanan berpengaruh
terhadap minat berkunjung ulang pengunjung rumah makan ikan sembam marola
Bengkulu.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data
primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang dibagikan secara online,
yaitu secara online kuesioner dibagikan melalui sosial media seperti facebook,
instagram dan whatsapp. Penelitian ini melibatkan 299 pengunjung rumah makan
ikan sembam marola Bengkulu yang dijadikan sampel penelitian. Metode
pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan accidental sampling.
Kriteria sampel dalam penelitian ini adalah pengunjung rumah makan ikan sembam
marola Bengkulu minimal pernah berkunjung sebanyak 2 kali. Teknik pengolahan
data penelitian ini menggunakan Software Statistical Package For Social Science
(SPSS) versi 27. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji
Reabilitas dan menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda serta pengujian
hipotesis menggunakan Uji Statistik F, Uji T dan Uji Determinasi.
Berdasarkan uji validitas, keseluruhan data telah dinyatakan valid serta uji
reliabilitas juga menunjukkan nilai >0,60 sehingga dapat ditarik kesimpulan data
yang telah diperoleh adalah reliabel. Data yang didapat menunjukkan bahwa daya
tarik wisata rumah makan ikan sembam marola Bengkulu mendapatkan nilai rata-
x
rata sebesar 4,57 yakni berada pada kategori sangat tinggi. Selain itu kualitas
layanan rumah makan ikan sembam marola Bengkulu juga berdada pada kategori
sangat tinggi dengan nilai rata-rata 4,46. Selanjutnya pada hasil analisis regresi
linear berganda diperoleh bahwa daya tarik wisata(X1) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat berkunjung ulang pengunjung rumah makan ikan
sembam marola Bengkulu. Kualitas layanan (X2) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat berkunjung ulang pengunjung rumah makan ikan
sembam marola Bengkulu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Daya tarik wisata memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung ulang. Hal ini
menunjukkan bahwa semakin baik daya tarik wisata maka akan meningkatkan
minat berkunjung ulang pengunjung rumah makan ikan sembam marola Kota
Bengkulu. 2) Kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
minat berkunjung ulang. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baiknya kualitas
layanan maka akan meningkatkan minat berkunjung ulang pengunjung rumah
makan ikan sembam marola Kota Bengkulu. 3) daya tarik wisata dan kualitas
layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung ulang.
Sehingga hal ini menunjukkan bahwa semakin bagus daya tarik wisata dan semakin
baik kualitas layanan maka akan meningkatkan minat berkunjung ulang
pengunjung rumah makan ikan sembam marola Kota Bengkulu.
Adapun saran peneliti selanjutnya untuk dapat melihat indikator/dimensi
yang lebih relevan dibandingkan penelitian ini agar dapat menjadikan hasil
penelitian yang lebih baik dan selanjutnya dapat memperluas kajian tentang faktor�faktor yang mempengaruhi minat berkunjung ulang wisatawan. Berdasarkan
temuan penelitian bahwa daya tarik wisata dan kualitas layanan secara signifikan
berpengaruh terhadap minat berkunjung ulang namun untuk mendapatkan hasil
yang lebih baik peneliti selanjutnya dapat mempertimbangkan faktor lain seperti
citra destinasi, fasilitas wisata, persepsi, kepuasan pengunjung serta kemungkinan�kemungkinan lainnya yang dapat mempengaruhi minat berkunjung ulang
pengunjung.
Kata Kunci: Daya Tarik Wisata, Kualitas Layanan, Minat Berkunjung Ulang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Sep 2025 05:36
Last Modified: 26 Sep 2025 05:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26422

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200