Putri, Anjani Aviliani and Isma, Coryanata (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, DIGITAL MARKETING, DAN FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP PENINGKATAN KINERJA UKM DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Anjani_Aviliani_Putri_C1C021135_INI_TERAKHIR_FIXxx - Anjani Aviliani putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan sektor yang memiliki peran
penting dalam menyerap tenaga kerja, memberikan kontribusi terhadap PDB
(Produk Domestik Bruto), serta sebagai pendorong ekonomi lokal. Salah satu
caranya yang dapat dilakukan untuk mendukung dan melakukan penguatan pada
sektor UKM dengan melakukan peningkatan kinerja. Kinerja merupakan prioritas
utama usaha. Semua tindakan dan kegiatan usaha harus dapat ditingkatkan,
ditimbulkan dan usaha harus menunjukkan kekuatan yang dimilikinya dari pesaing
usahanya. Dalam hal ini, UKM harus mengelola sumber daya secara efektif, agar
lebih bernilai, langka, dan tidak dapat ditiru para pesaingnya, sehingga
meningkatkan kinerjanya dan memperoleh keunggulan kompetitif
Penelitian ini menguji pengaruh literasi keuangan, digital marketing, dan
financial technology. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Metode
pemilihan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling dengan
sampel yang digunakan sebanyak 100 UKM yang ada di Kota Bengkulu. Analisis
data dilakukan dengan batuan program SPSS versi 27.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh
positif terhadap kinerja UKM. Digital Marketing berpengaruh positif terhadap
Kinerja UKM. Financial Technology berpengaruh positif terhadap Kinerja UKM.
Adapun keterbatasan dalam penelitian ini yaitu penyebaran kuesioner yang
tidak merata, sehingga tidak dapat mewakili seluruh UKM yang ada. Kemudian
pada penelitian ini alat ukur yang digunakan adalah kuesioner dengan
menggunakan skala likert yang cenderung mengukur persepsi dimana jawaban
yang diberikan responden besar dipengaruhi oleh subyektifitas, sehingga tidak
menggmbarkan keadaan yang sebenarnya.
Kata Kunci : Literasi Keuangan, Digital Marketing, Financial Technology,
Kinerja, UKM
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Accounting Program |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 06:04 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 06:12 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26430 |