Ferdian, Leonardo and Lizar, Alfansi and Rina, Suthia Hayu (2025) MEMORABLE EXPERIENCE, DESTINATION IMAGE, SERVICE QUALITY, DAYA TARIK WISATA DAN AKSESIBILITAS: FAKTOR PENENTU REVISIT INTENTION PADA ECOTOURISM DI PROVINSI BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
FINAS TESIS LEONARDO FERDIAN OK_compressed - Leonardo Ferdian.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Ecotourism atau ekowisata merupakan salah satu jenis wisata di Indonesia
yang sangat berpotensi pada bidang pariwisata di Indonesia yang mayoritas
mengalami kenaikan walaupun terdapat juga grafik penurunan kunjungan
wisatawan di beberapa tahun tertentu, baik kunjungan wisatawan mancanegara
maupun wisatawan nusantara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
memorable experience, destination image, service quality, daya tarik wisata dan
aksesibilitas terhadap revisit intention pada ecotourism sehingga hasil yang
diperoleh dari penelitian ini dapat mendukung keberlanjutan pariwisata di
Indonesia.
Konsep ekowisata di dunia pertama kali dikenalkan oleh pakar ekowisata
yang telah lama menggeluti alam yaitu Fennell (2008) kemudian the ecotourism
society pada 1990 menyempurnakan konsep ekowisata dengan mendefinisikan
sebagai suatu perjalanan bertanggung jawab pada lingkungan alami yang
mendukung konservasi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat
(Kodyat, 1998). Ekowisata menitik beratkan pada tiga hal utama yaitu:
keberlangsungan alam atau ekologi, memberikan manfaat ekonomi, dan secara
psikologi dapat diterima dalam kehidupan sosial masyarakat. Jadi, kegiatan
ekowisata secara langsungmemberi akses kepada semua orang untuk melihat,
mengetahui, dan menikmati pengalaman alam, intelektual dan budaya masyarakat
lokal (Buckley, 2003).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya
merupakan studi kasus yang digunakan melalui survei atas wisatawan yang
pernah berkunjung ke ecotourism di Provinsi Bengkulu. Sampel penelitian
berjumlah sebanyak 225 responden. Kuesioner dibagikan secara online melalui
google form yang disebarkan ke media sosial. Penelitian ini menggunakan analisis
bivariat yang akan diukut dengan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasi i l pe i nei lii tii an di i nyatakan bahwa seluruh hipotesis yang i
diajukan terima, bahwa ada peingaruh signi i fii kan vari i iabel i i nde i pei nde i int memorable
experience, destination image, service quality, daya tarik wisata dan aksesibilitas
beirpeingaruh seicara signi i ifikan te i rhadap i revisit intention (Y). Hasil ini sama oleh
beberapa penelitian terdahulu yang ini mendukung hasil penelitian ini.
Adapun saran dari penelitian ini adalah bagi penelitian selanjutnya
disarankan untuk memperluas variabel seperti faktor sosial, budaya, atau
teknologi yang dapat mempengaruhi revisit intention, serta melibatkan lebih
banyak destinasi guna mendapatkan pemahaman yang lebih luas terkait perilaku
viii
ix
wisatawan. Metode kualitatif juga bisa diterapkan untuk menggali lebih dalam
alasan wisatawan dalam memutuskan untuk kembali berkunjung. Bagi pengelola
destinasi, penting untuk fokus pada peningkatan kualitas layanan, fasilitas, serta
inovasi atraksi yang ditawarkan. Promosi yang efektif dan kolaborasi dengan
pemerintah serta masyarakat juga perlu dilakukan untuk meningkatkan
aksesibilitas dan mendukung loyalitas wisatawan. Sementara itu, masyarakat
diharapkan berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan keindahan destinasi,
serta memberikan sambutan yang ramah dan menyediakan produk lokal yang
autentik. Partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan
dan budaya akan meningkatkan daya tarik wisata dan mendukung
keberlangsungan industri pariwisata yang berkelanjutan.
Kata Kunci: Ecotourism, Memorable experience, Destination image, Service
quality, Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas, Revisit intention
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Management Program |
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
| Date Deposited: | 26 Sep 2025 08:21 |
| Last Modified: | 26 Sep 2025 08:21 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26479 |

