KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Nabila, Nabila and Ria, Ariesta and Catur, Wulandari (2025) KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Nabila_A1A018078 _SKRIPSI 2025 - library unib.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X di
SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Fokus penelitian mencakup lima aspek utama: ketepatan judul,
kelengkapan struktur isi, keaktualan topik, makna tersirat, dan kepaduan cerita. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 60 siswa sebagai sampel yang
dipilih secara acak dari populasi 465 siswa. Data dikumpulkan melalui tes menulis teks anekdot
dan dinilai menggunakan rubrik terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan
menulis siswa berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 83. Pada aspek ketepatan judul,
sebanyak 45 siswa (75%) berada pada kategori baik dan 15 siswa (25%) pada kategori sangat
baik. Aspek kelengkapan struktur isi menunjukkan bahwa 35 siswa (58,3%) berada pada kategori
baik, sementara 8 siswa (13,3%) memenuhi kategori sangat baik, dengan kelemahan utama pada
elemen koda. Pada aspek keaktualan topik, 30 siswa (50%) berada pada kategori sangat baik,
sementara 30 siswa (50%) pada kategori baik, menunjukkan relevansi tinggi terhadap isu terkini.
Aspek makna tersirat mencatat bahwa 10 siswa (16,7%) berada pada kategori sangat baik, namun
masih ada 19 siswa (31,7%) yang berada pada kategori cukup. Terakhir, aspek kepaduan cerita
menunjukkan hasil yang baik dengan 51 siswa (85%) pada kategori baik, meskipun 2 siswa
(3,3%) masih berada pada kategori cukup. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode
pembelajaran inovatif, seperti project-based learning, untuk membantu siswa meningkatkan
pemahaman struktur teks, menyampaikan pesan moral, serta mengintegrasikan humor secara
efektif dalam teks anekdot.
Kata kunci: Kemampuan menulis, teks anekdot, project-based learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 30 Sep 2025 03:31
Last Modified: 30 Sep 2025 03:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26570

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200