Andelisya, Devriska and Padi, Utomo and Arono, Arono (2025) PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 REJANG LEBONG. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI DEVRISKA ANDELISYA A1A018030 - Devriska Andelisya77.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis teks
eksplanasi menggunakan metode mind mapping dengan menggunakan metode
konvensional siswa kelas VIII SMPN 2 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode True
Experimental Design. Sample penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Rejang
lebong yaitu kelas VIII A dan VIII B yang masing – masing kelas berjumlah 32 siswa.
Analisis data yang digunakan yaitu teknik statistik deskriptif dengan pemberian skor,
menghitung rata-rata dan melakukan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan menulis teks eksplanasi siswa dengan
menggunakan metode mind mapping menunjukan nilai rata-rata kemampuan menulis
teks eksplanasi siswa yaitu 71,2 hal ini termasuk ke kategori tinggi. Sedangkan
kemampuan menulis teks eksplanasi siswa menggunakan metode konvensional
menunjukan nilai rata-rata kemampuan menulis teks eksplanasi siswa yaitu 65,4 hal ini
termasuk ke kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t
untuk data Posttest pada kelas eksperimen sebesar 3.81 sedangkan nilai ditunjuk pada
tabel t adalah 2.00, sehingga diperoleh t hitung ≥ ttabel (3.81 ≥ 2.00) yang berarti terdapat
perbedaan signifikan antara kemampuan menulis teks eksplanasi siswa yang
menggunakan metode mind mapping dengan menggunakan metode konvensional.
Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan metode mind mapping
dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa secara signifikan.
Kata Kunci : Kemampuan menulis, Teks eksplanasi, Metode mind mapping
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 03:31 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 03:31 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26572 |