PEMENUHAN HAK NASABAH YANG MENGALAMI KERUGIAN AKIBAT PENGGUNAAN AUTOMATIC TELLER MACHINE(ATM) OLEH PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO)TBK KANTOR CABANG MUKOMUKO

DAFFA, HANNIYYAH FADILLAH and Joko, Susetyanto and Edytiawarman, Edytiawarman (2024) PEMENUHAN HAK NASABAH YANG MENGALAMI KERUGIAN AKIBAT PENGGUNAAN AUTOMATIC TELLER MACHINE(ATM) OLEH PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO)TBK KANTOR CABANG MUKOMUKO. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
SKRIPSI - DAFFA HANNIYYAH FADILLAH - Daffa Hanniyyah Fadillah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Bank dalam menjalankan usahanya memberikan berbagai macam bentuk
layanan jasa kepada para nasabahnya. Salah satunya yaitu fasilitas Automatic
Teller Machine (ATM). PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Cabang
Mukomuko juga menyediakan Fasilitas ATM untuk memudahkan nasabahnya
dalam melakukan berbagai transaksi keuangan, seperti tarik tunai, setor tunai
transfer dan lainnya tanpa dibantu oleh Teller. Namun dibalik kemudahan dalam
penggunaan mesin ATM juga terdapat resiko yang ditimbulkan akibat errornya
sistem atau gangguan jaringan pada mesin ATM sehingga menimbulkan kerugian
terhadap nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk
tanggung jawab dan perlindungan hukum yang diberikan oleh PT. Bank Rakyat
Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Mukomuko terhadap nasabah yang
mengalami kerugian akibat penggunaan Autometic Teller Machine (ATM). Dalam
penelitian ini digunakan jenis penelitian hukum empiris. Hasil yang di peroleh
dari penelitian yang dilakukan yaitu: (1) PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
Kantor Cabang Mukomuko bertanggung jawab secara penuh untuk mengganti
kerugian yang dialami oleh nasabahnya akibat error sistem atau gangguan
jaringan pada mesin ATM seperti melakukan pengembalian saldo ke rekening
nasabah akibat gagalnya tarik tunai karena error sistem atau gangguan jaringan
pada mesin ATM yang menyebabkan terdebetnya saldo pada rekening nasabah,
melakukan pengembalian saldo ke rekening nasabah yang terdebet dan melakukan
penerbitan kartu ATM ulang karena error sistem atau gangguan jaringan pada
mesin ATM yang menyebabkan terdebetnya saldo pada rekening dan tertelannya
kartu ATM pada mesin ATM dan melakukan pengembalian saldo ke rekening
nasabah yang tidak masuk pada rekening nasabah karena error sistem dan
gangguan jaringan pada mesin ATM yang menyebabkan saldo tidak masuk pada
rekening. (2) perlindungan hukum yang diberikan oleh PT. Bank Rakyat
Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Mukomuko yaitu perlindungan hukum
preventif berupa pemberian edukasi dan informasi kepada nasabah dalam
menggunakan mesin ATM dan perlindungan hukum represif berupa tanggung
jawab bank untuk melakukan pengembalian saldo yang terdebet ke rekening
nasabah yang mengalami gagalnya tarik tunai, melakukan pengembalian saldo
yang tidak masuk pada rekening nasabah akibat gagalnya setor tunai dan
melakukan penerbitan kartu ATM ulang akibat tertelanya kartu ATM pada mesin
ATM akibat errornya sistem atau gangguan jaringan pada mesin ATM.
Kata Kunci : Nasabah, Automatic Teller Machine, Bank Rakyat Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: Irma Rohayu, S.IPust
Date Deposited: 30 Sep 2025 03:50
Last Modified: 30 Sep 2025 03:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26665

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200