PENGARUH AUGMENTED REALITY (SKIN CAM) DAN LIVE STREAMING TERHADAP PURCHASE INTENTION DIMEDIASI CUSTOMER ENGAGEMENT PADA KONSUMEN PRODUK KECANTIKAN E-COMMERCE SHOPEE

Agustin, Yola Tri and Muhartini, Salim and Rina, Suthia Hayu (2025) PENGARUH AUGMENTED REALITY (SKIN CAM) DAN LIVE STREAMING TERHADAP PURCHASE INTENTION DIMEDIASI CUSTOMER ENGAGEMENT PADA KONSUMEN PRODUK KECANTIKAN E-COMMERCE SHOPEE. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
TESIS YOLA TRI (PERPUS) - Yola Tri Agustin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan Internet di era digital telah memudahkan
masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas secara online melalui perangkat
digital seperti smartphone. Untuk mengikuti perkembangan teknologi yang ada,
e-commerce juga harus cepat beradaptasi dan mengimbangi perkembangan
teknologi. Tidak dapat dipungkiri bahwa hal ini telah mempengaruhi perilaku
masyarakat, yang juga berubah menjadi sepenuhnya digital dari apa yang semula
tradisional dan merubah bagaimana perilaku konsumen didalam bertransaksi.
Purchase intention merujuk pada niat atau keinginan seseorang untuk
membeli suatu produk atau layanan berdasarkan minat, kebutuhan, atau persepsi
terhadap produk tersebut. Augemnted reality adalah teknologi yang
menambahkan elemen digital ke lingkungan nyata secara interaktif dan real-time.
Didalamnya terdapat beberapa jenis AR, diantaranya vividness yaitu tingkat
kejelasan, kedalaman, dan kekayaan sensorik dari suatu media dalam
menyampaikan informasi kepada pengguna dan interactivity yang merupakan
kemungkinan sejauh mana pengguna dapat berpartisipasi secara aktif dan
mempengaruhi konten atau pengalaman dalam suatu media. Selanjutnya, live
streaming yang merujuk pada proses menyiarkan video dan/atau audio secara
langsung melalui internet, memungkinkan penonton untuk menonton dan
berinteraksi secara real-time. Terakhir, customer engagement yang dapat di
artikan sebagai tingkat interaksi, keterlibatan emosional, dan partisipasi aktif
pelanggan dengan merek atau produk, baik secara online.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
augemnted reality vividness dan interactivity (skincam), live streaming, dan
customer engagement terhadap purchase intention konsumen produk kecantikan
pada platform Shopee Indonesia. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh augemnted reality vividness dan interactivity (skincam),
serta live streaming terhadap customer engagement, sekaligus melihat peran
mediasi dari customer engagement. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari penyebaran
kuesioner kepada 300 konsumen produk kecantikan pada platform Shopee
Indonesia dengan bantuan ‘T-Survey”. Analisis data kuesioner yang diperoleh
dari responden, penelitian ini menggunakan program SEM-PLS versi 4.0.9.
x
Hasil analisis menunjukkan bahwa augemnted reality vividness dan
interactivity (skincam), serta customer engagement memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap purchase intention konsumen produk kecantikan pada
platform Shopee Indonesia. Disis lain, hasil analisis bahwa live streaming tidak
berpengaruh terhadap purchase intention konsumen. Selain itu, augemnted reality
vividness dan interactivity (skincam), serta live streaming terbukti berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap customer engagement. Terakhir, pengujian
peran mediasi customer engagement menunjukkan bahwa customer engagement
dapat memediasi hubungan antara augemnted reality vividness dan interactivity
(skincam) terhadap purchase intention, dengan jenis mediasi complementary
partial mediation. Dan dapat memediasi hubungan antara live streaming terhadap
purchase intention, dengan jenis full mediation.
Temuan dari penelitian ini dapat memberikan masukan berharga bagi Shopee
dalam merancang strategi dan kebijakan yang efektif untuk memperbaiki,
mempertahankan, dan meningkatkan dampak positif dari variabel-variabel yang
diteliti terhadap konsumen produk kecantikan yang menggunakan fitur skincam.
Dengan demikian, Shopee dapat terus melakukan transformasi dan perbaikan dari
waktu ke waktu. Untuk penelitian selanjutnya yang memiliki konstruk serupa,
diharapkan dapat memodifikasi dan mengembangkan model-model yang relevan
atau menambahkan variabel sesuai dengan kondisi masa depan, sehingga hasilnya
tetap relevan dan dapat memperkaya pengetahuan di bidang manajemen
pemasaran.
Kata Kunci : Augmented Reality Vividness, Augmented Reality Interactivity, Live
Streaming, Customer Engagement, Purchase Intention.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Management Program
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 30 Sep 2025 04:31
Last Modified: 30 Sep 2025 04:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26701

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200