Sandrika, Tiara and Henny, Johan and Aprina, Defianti (2025) PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TIARA SANDRIKA_SKRIPSI NEW - Tiara Sandrika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan LKPD
berbasis PjBL terhadap keterampilan proses sains siswa SMP pada materi pesawat sederhana
dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan LKPD berbasis PjBL terhadap
keterampilan proses sains siswa SMP. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, dan tes
keterampilan proses sains. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi ahli (dosen)
dan angket validasi praktisi (Guru IPA). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dengan pendekatan eksperimen semu (Quasi Experiment) serta desain Nonequivalent
Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VIII SMPN 13 Kota
Bengkulu yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan
LKPD berbasis PjBL dan kelas kontrol yang menggunakan LKPD konvensional.
Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengukur keterampilan
proses sains siswa sebelum dan setelah perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t (Independent Sample T-Test), serta
perhitungan Normalized Gain (N-Gain) untuk mengetahui tingkat peningkatan keterampilan
proses sains siswa. Bedasarkan uji deskriptif pada kelas eksperimen dan kelas kontrol kedua
data tersebut mempunyai data yang homogen dan berdistribusi normal. Berdasarkan hasil
penelitian disimpulkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,605 dan nilai rata-
rata kelas kontrol 0,579. Adanya perbedaan rata-rata hasil keterampilan proses sains siswa
pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana dan menghasilkan nilai yang lebih tinggi
untuk kelas eksperimen secara signifikan, menunjukan pengaruh yang positif pada
pembelajaran menggunakan model project based learning.
Kata kunci : LKPD, Project Based Learning, Keterampilan Proses Sains, Pesawat
Sederhana, Eksperimen Semu, Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Science Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 04:36 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 04:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26704 |