Saputra, Renando and Hardiansyah, Hardiansyah and Khairul, Amri (2024) ANALISIS KINERJA JARINGAN JALAN UNTUK MENDUKUNG EVAKUASI BENCANA TSUNAMI DI PESISIR MUKOMUKO MENGGUNAKAN ZIN MACRO-SIMULATION. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi_Renando_Saputra_G1B019068 - Renando Saputra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Kota Mukomuko merupakan kota penghubung yang terletak di pesisir pantai.
Permasalahan cukup serius apabila jaringan jalan belum optimal dengan baik
saat terjadi tsunami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja jaringan
jalan saat evakuasi bencana tsunami di Kota Mukomuko. Metodologi yang
digunakan pada penelitian ini yaitu metode four step model (model perencanaan
empat tahap) yang terdiri dari model bangkitan, model sebaran, model pemilihan
moda transportasi dan model pemilihan rute. Dari data tersebut maka dibuat 6
skenario menggunakan aplikasi ZIN Macro-simulation. Hasil pemodelan
kondisi eksisting, nilai derajat kejenuhan tertinggi pada jalan Imam Bonjol dan
jalan Danau Nimbung mencapai 0,23 dan 0,20 tingkat pelayanan A pada
skenario 1 menjadi 0,32 dan 0,28 hal ini menunjukan derajat kejenuhan
mengalami kenaikan solusi untuk mengatasinya dilakukan modifikasi kapasitas
jalan pada skenario 2 didapat hasil derajat kejenuhan terjadi penurunan menjadi
0,26 dan 0,23. Pada skenario 3 dan skenario 4 dilakukan pertumbuhan kendaraan
5 tahun. Skenario 3 didapat derajat kejenuhan jalan Imam Bonjol dan Jalan Danau
Nimbung mencapai 0,39 dan 0,34 sedangkan pada skenario 4 turun mencapai
0,31 dan 0,28. Skenario 5 dan skenario 6 dilakukan peningkatan pertumbuhan
kendaraan 10 tahun. Diperlihatkan derajat kejenuhan pada Skenario 5 jalan Imam
Bonjol dan Jalan Danau Nimbung masing-masing 0,49 dan 0,44 pemodelan
modifikasi pada skenario 6 derajat kejenuhan turun mencapai 0,40 dan 0,36.
Tingkat pelayanan A yang dimaksud adalah arus lancar dengan kecepatan
perjalanan rata-rata melebihi 80 km/jam dengan derajat kejenuhan kurang dari
0,6. Hasil tersebut menunjukan jaringan jalan masih bekerja dengan optimal saat
evakuasi tsunami.
Kata Kunci : Evakuasi, ZIN Macrosimulation, Kinerja Jaringan Jalan, Kota
Mukomuko
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 07:33 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 07:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26763 |