Niransi, Dely and Anni, Suprapti and Mayang, T. Afriwilda (2025) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Dely Niransi (A1L018037) Skripsi Bebas UNIB - Dely Niransi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok
dengan metode role playing untuk meningkatkan empati siswa. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain one
group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP
Negeri 12 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 orang, dengan sampel sebanyak 9
orang siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling.
Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket empati dengan skala likert.
Data dianalisis menggunakan uji-t (paired sample t-test) dengan bantuan aplikasi
SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan empati siswa
setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan metode role playing. Hal
ini dibuktikan melalui hasil uji-t, yang menghasilkan nilai t = -16, 363 dengan
nilai signifikan p = 0.000 (p < 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya
layanan bimbingan kelompok dengan metode role playing terbukti memiliki
pengaruh signifikan untuk meningkatkan empati siswa.
Kata Kunci: Empati, Bimbingan Kelompok, Metode Role Playing.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 08:08 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 08:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26772 |