Rusyanti, Yunita Selvina and Yessy, Elita and Arsyadani, Mishbahuddin (2025) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MINDFULNESS TERHADAP REGULASI EMOSI SISWA MAN BOARDING SCHOOL. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
YUNITA+SELVINA+RUSYANTI_SKRIPSI(PDF)_compressed+(1)_compressed-dikompresi_compressed-compressed (1) - Yunita selvina rusyanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh layanan bimbingan
kelompok dengan teknik mindfulness dalam meningkatkan regulasi emosi siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode
eksperimen dan desain two group pre-test post-test control design. Populasi
penelitian terdiri dari 80 siswa MAN Boarding School. Subjek penelitian berjumlah
16 siswa yang dipilih melalui teknik random sampling, terdiri dari 8 siswa dalam
kelompok eksperimen dan 8 siswa dalam kelompok kontrol. Pengumpulan data
dilakukan menggunakan kuesioner berbasis skala Likert. Analisis data dilakukan
dengan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat
regulasi emosi siswa kelompok eksperimen sebelum diberikan layanan bimbingan
kelompok dengan teknik mindfulness berada dalam kategori rendah, begitu pula
siswa kelompok kontrol. Setelah diberikan perlakuan, tingkat regulasi emosi siswa
kelompok eksperimen yang diberikan teknik mindfulness meningkat menjadi
kategori tinggi, sedangkan tingkat regulasi emosi siswa kelompok kontrol tanpa
diberikan teknik mindfulness tetap berada dalam kategori rendah. Hasil uji-t
menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam tingkat regulasi emosi antara
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian, penelitian ini
menyimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik mindfulness
efektif dalam meningkatkan regulasi emosi siswa boarding school
Kata kunci: Regulasi Emosi, Bimbingan Kelompok, Teknik Mindfulness.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 08:09 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 08:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26778 |