ANALISIS MODIFIKASI MODEL TAM DALAM PENGGUNAAN SISTEM DIGITAL PAYMENT PADA FUNDRISING DANA ZAKAT INFAK DAN SEDEKAH

Akbar, Muhammad Recho Putra and Effed, Darta Hadi and Rina, Suthia Hayu (2025) ANALISIS MODIFIKASI MODEL TAM DALAM PENGGUNAAN SISTEM DIGITAL PAYMENT PADA FUNDRISING DANA ZAKAT INFAK DAN SEDEKAH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
TESIS - MUHAMMAD RECHO PUTRA AKBAR CMP-1 - Recho Putra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat di eraodigital saat ini cenderung mengadopsi gayaohidup dan
gayaodigital dalam setiap aktivitasodan transaksioyang dilakukan. Tak terkecuali
juga berdampak pada perilaku masyarakatodalam ber-zakat, infak, dan sedekah
(ZIS). Hal ini menjadikan Organisasi Pengelola Zakat yang terdiri dari Badan
Amil Zakat dan Lembaga Amil Zakat untuk terus menerapkan inovasi digital
dalam penghimpunan dana dan sosialisasi guna memaksimalkan kontribusi
fundrisng ZIS. Dalam penelitian ini penulis mengkaji sikap donatur dalam penggunaan
teknologi digital fundrising sebagai salah satu sistem pembayaran (payment)
dalam penghimpunan ZIS. Penelitian ini menggunakan pendekatan Technology
Acceptance Model (TAM) dengan varaibel persepsi kemanfaatan (Perceived of
Usefulness) dan persepsi kemudahan (Perceived Ease of Use) ditambah dengan
variabel kepuasan (User Satisfaction) dan niat menggunakan ulang (Reused
Intention) pada sistem digital payment/fundrising. Penelitian yang dilakukan adalah explanatory research, yang bertujuan
untuk mengetahui pengaruh antar variabel melalui pengujian hipotesis. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan, yaitu metode survey. Alat pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang didistribusikan ke 200 responden yang diteliti, yaitu
Masyarakat Indonesia diatas umur 21 Tahun yang menggunakan sistem digital
payment dan aktif dalam menggunakan sistem digital payment dalam pembayaran
ZIS. (minimal 2 kali dalam 6 bulan terakhir). Kuesioner disebarkan secara online
melalui media social Instagram dan Whatsapp. Metode analisis yang digunakan
adalah Structural Equation Model (SEM) - Partial Least Square (PLS), karena
memiliki kemampuan untuk mengkaji model struktural dan pengukuran secara
bersamaan. Dalam penelitian ini SEM-PLS digunakan untuk menguji Apakah
Perceived of Usefulness dan Perceived Easy of Use berpengaruh terhadap Reused
Intention, Apakah Perceived of Usefulness dan Perceived Easy of Use
berpengaruh terhadap User Satisfaction, dan Apakah User Satisfaction
berpengaruh terhadap Reused Intention dalam penggunaan sistem digital payment
pada fundrising dana ZIS. Dan juga untuk menguji Apakah persepsi User
Satisfaction memiliki peran dalam memediasi pengaruh Perceived of Usefulness
ix
dan Perceived Ease of Use terhadap Reused Intention melalui digital payment
pada fundrising dana ZIS. Hasil analisis menunjukan bahwa variabel yang diteliti mempunyai
pengaruh yang signifikan. Variabel Perceived of Usefulness dan Perceived Ease
of Use berpengaruh dan signifikan terhadap Reused Intention, perceived of
Usefulness dan Perceived Ease of Use juga memiliki pengaruh signifikan terhadap
User Satisfaction, dan User Satisfaction memiliki pengaruh signifikan terhadap
Reused Intention. Selain itu, ditemukan juga bahwa User Satisfaction memiliki
peran dalam memediasi pengaruh Perceived of Usefulness dan Perceived Ease of
Use terhadap Reused Intention melalui digital payment pada fundrising dana ZIS. Saran yang diajukan peneliti berdasarkan hasil penelitian yaitu Dalam
rangka meningkatkan efektivitas pemanfaatan teknologi digital dalam
penghimpunan zakat, infak, dan sedekah, Badan atau Lembaga Amil Zakat
disarankan untuk mengoptimalkan sistem digital yang memberikan manfaat nyata
dan dirasakan langsung oleh pengguna, terutama dalam hal kemudahan, kecepatan, dan efisiensi transaksi. Selain itu, kemudahan penggunaan sistem perlu menjadi
prioritas utama dengan menghadirkan tampilan yang sederhana, proses transaksi
yang tidak rumit, serta aksesibilitas yang luas bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk pengguna yang belum terbiasa dengan teknologi. Pengembangan sistem
juga hendaknya berbasis pada pengalaman dan kebutuhan pengguna (user
experience-oriented), dengan melibatkan umpan balik pengguna secara berkala
untuk memastikan sistem tetap relevan dan adaptif. Kata Kunci: Perceived of Usefulness, Perceived Ease of Use, User Satisfaction, Reused
Intention, Digital Payment, Fundrising, ZIS.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Management Program
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 30 Sep 2025 08:47
Last Modified: 30 Sep 2025 08:47
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26804

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200