PENGARUH CONTINUANCE INTENTION PADA ADOPSI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SLB MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY CONTINUANCE THEORY

Septiani, Santi and Andang, Wijanarko and Aan, Erlanshari (2024) PENGARUH CONTINUANCE INTENTION PADA ADOPSI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SLB MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY CONTINUANCE THEORY. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Skripsi_Santi Septiani_G1F020001 - Santi Septiani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah teknologi yang dibuat oleh
Kementerian Pendidikan RI yaitu sebuah Platform peningkatan kompetensi guru
dan distribusi kurikulum. PMM berfungsi menyediakan latar belakang kurikulum,
referensi materi, metode pendekatan pengajaran, dan modul ajar yang selaras
dengan tingkat kompetensi murid. PMM dapat digunakan untuk semua guru dari
jenjang TK/Paud, SD, SMP, SMA, hingga Sekolah Luar Biasa (SLB). PMM
menyediakan berbagai fitur yang mendukung kebutuhan guru SLB dalam
mendukung perannya sebagai guru sekolah inklusi. Penelitian mengenai
penggunaan PMM di berbagai jenjang pendidikan telah dilakukan, namun masih
ada kekurangan informasi dalam konteks penggunaan PMM di SLB. Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi Continuance
Intention (keberlanjutan penggunaan) Platform Merdeka Mengajar dan
mengidentifikasi pengaruhnya terhadap kompetensi profesional guru di sekolah
luar biasa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan
instrumen penelitian berupa kuisioner yang dibagikan kepada 58 orang responden,
yaitu guru dari 6 SLB di Kota Bengkulu. Data dianalisis menggunakan software
SmartPLS. Penelitian ini menggunakan model Technology continuance theory
(TCT). Hasil penelitian menunjukan faktor yang mempengaruhi Continuance
intention PMM adalah Attitude guru dan perceived usefulness (persepsi kegunaan).
Hasil penelitian juga menunjukan bahwa Continuance intention PMM berpengaruh
signifikan terhadap kompetensi profesional guru SLB. Hal ini menunjukan penting
untuk memastikan keberlanjutan penggunaan PMM. Strategi yang dapat dilakukan
untuk mempertahankan keberlanjutan penggunaan PMM adalah adanya sosialisasi,
pelatihan, pemantauan feedback pengguna dan pemberian penghargaan bagi
pengguna.
Kata Kunci : Platform Merdeka Mengajar, SLB, Continuance intention,
Technology continuance theory

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Information Systems Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Oct 2025 03:17
Last Modified: 01 Oct 2025 03:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26853

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200