ANALISIS KUALITAS LAYANAN DAN PENGGUNAAN ALFAGIFT MENGGUNAKAN METODE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (Studi Kasus : Kota Bengkulu

Fitra, Geffir Hernando and Julia, Purnama Sari and Niska, Ramadani (2024) ANALISIS KUALITAS LAYANAN DAN PENGGUNAAN ALFAGIFT MENGGUNAKAN METODE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (Studi Kasus : Kota Bengkulu. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Skripsi-GeffirHernandoFitra-G1F017031 - Geffir Hernando Fitra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Alfagift merupakan aplikasi belanja online dari Alfamart yang memberikan
pengalaman berbelanja yang berbeda dengan manfaat keanggotaan yang
terintegrasi (online dan offline). Terdapat beberapa kendala dalam customer
service ataupun penggunaan aplikasinya, antara lain customer service dan layanan
yang ada di aplikasi Alfagift dinilai terlalu lambat, alfagift tidak ada fitur untuk
pengembalian barang yang tidak layak digunakan, pembayaran yang tidak bisa
digunakan melalui bank lain selain mandiri dan bri, klaim voucher yang sering
bermasalah, dan pengiriman barang yang terlalu lama. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis kualitas layanan dan penggunaan Alfagift di kota Bengkulu
dengan metode UTAUT 2 (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology
2) merupakan Grand Theory yang diakui secara global dan dapat digunakan untuk
menjelaskan perilaku pengguna terhadap teknologi informasi. Keberhasilan
penggunaan atau penerapan teknologi tergantung pada penerimaan dan
penggunaan setiap individu pemakainya. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Kuantitaif. Data penelitian dikumpulkan melalui studi
literatur, observasi, dan survei. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis
menggunakan SPSS dan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas
layanan dan penggunaan di aplikasi Alfagift tidak memiliki pengaruh di beberapa
variabel UTAUT 2. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan atas saran yang
diberikan berdasarkan ahli menurut analisis kualitas layanan dan penggunaan
menggunakan metode UTAUT 2. Diharapkan perbaikan pada aplikasi Alfagift
dapat membantu Alfamart dalam meningkatkan kualitas layanan dan penggunaan
pada aplikasi Alfagift.
Kata Kunci: Kualitas Layanan dan Penggunaan, UTAUT 2, Alfagift, Kota
Bengkulu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Information Systems Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Oct 2025 03:23
Last Modified: 01 Oct 2025 03:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26856

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200