KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN KEPITING BAKAU (SCYLLA SERRATA) (Studi kasus : di Rumah Makan Sembam Ikan Marola di Kota Bengkulu)

Ahdiati, Laila and Indra, Cahyadinata and Bambang, Sumantri (2024) KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN KEPITING BAKAU (SCYLLA SERRATA) (Studi kasus : di Rumah Makan Sembam Ikan Marola di Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
ALHAMDULILLAH TESIS FIX LAILA AHDIATI - Laila ahdiati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Kepiting Bakau adalah salah satu organisme perairan bernilai ekonomis tinggi adalah
kepiting bakau (Scylla serrata) karena rasa dagingnya lezat dan bernilai gizi tinggi. Selain
memiliki nilai ekonomis yang tinggi, kepiting bakau merupakan salah satu komoditas andalan
untuk diekspor. Komoditas kepiting bakau yang cukup baik ini dimanfaatkan pelaku usaha
untuk berinvestasi dibidang kuliner. Kuliner yang berfokus pada kepiting bisa menjadi peluang
yang menarik untuk menjual makanan olahan kepiting yang disukai banyak konsumen.
Penelitian ini menggunakan alat analisa (Customer Satisfaction Index) untuk
menganalisis tingkat kepuasan, Piramida Loyalitas untuk menganalisa tingkat Loyalitas dan
Struktural Equation Modelling (SEM) guna menganalisa pengaruh antar variabel. Hasil
perhitungan tingkat kepuasan untuk produk olahan kepiting bakau adalah 80,8%. Hasil ini
menunjukkan tingkat kepuasan konsumen kepiting bakau masuk pada kriteria puas pada
produk olahan kepiting bakau yang ada di Rumah Makan Sembam Ikan Marola. Tingkat
loyalitas konsumen menghasilkan bentuk piramida terbalik artinya bahwa tingkat loyalitas
konsumen kepiting bakau sudah membentuk brand equity yang kuat dan tipe loyalitas
konsumen masuk pada kategori Liking The Product dengan nilai 69% artinya konsumen yang
membeli hidangan kepiting bakau adalah konsumen yang benar-benar menyukai kepiting
bakau. Pada pengujian pengaruh antar variabel, model terbaik variabel eksogen (Kualitas
Produk, Harga, Tempat) secara garis besar berpengaruh langsung terhadap kepuasan
konsumen juga berpengaruh langsung terhadap loyalitas, hanya satu variabel yang tidak
berpengaruh yaitu variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan.
Kata kunci: Kepuasan, Loyalitas, Kepiting Bakau (Scylla Serrata)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 01 Oct 2025 03:27
Last Modified: 01 Oct 2025 08:07
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26858

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200