PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Sukmawati, Suci and Saiful, Saiful and Nikmah, Nikmah (2025) PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
THESIS SUCI SUKMAWATI - wulan eka putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh economic
value added, dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan pada
seluruh perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2017 - 2023. Nilai
perusahaan diukur menggunakan price book value, economic value added
menggambarkan indikator internal yang mengukur kekayaan pemegang saham
suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu, dan corporate social responsibility
diukur menggunakan skoring dari pengungkapan yang dilaporkan perusahaan.
Penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi berganda dengan program
SPSS versi 28. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua
perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2023.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel economic value added tidak
berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan variabel corporate sicial responsibility
berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Implikasi penelitian ini mengkonfirmasi teori legitimasi yang menjelaskan
kaitan CSR terhadap nilai perusahaan. Legitimasi masyarakat merupakan faktor
strategis bagi perusahaan dalam rangka mengembangkan perusahaan kedepan
untuk dapat meningkatkan nilai perusahaan, dari pengelolaan corporate social
responsibility yang maksimal akan memberikan dampak terhadap peningkatan nilai
perusahaan.
Penelitian ini tidak terlepas dari keterbatasan yang dimiliki, antara lain yaitu
pengukuran variabel CSR yang masih bersifat voluntary (sukarela) sehingga
perusahaan tidak memiliki keharusan dalam mengungkapkan seluruh item yang
terdapat dalam Indeks GRI mempengaruhi seleksi sampel penelitian menyebabkan
sampel penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini relatif sedikit, sehingga
dengan data yang terbatas data penelitian ini juga tidak terdistribusi normal.
Kata Kunci: Economic Value Added, Social Responsibility, Nilai Perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Accounting Program
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Oct 2025 01:32
Last Modified: 02 Oct 2025 01:32
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26882

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor