Indriani, Desy and Irnad, Irnad and Bambang, Sumantri (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SAYURAN DI PASAR TUMPAH PANORAMA KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS DESY INDRIANI E2D022017 - Arma Putra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Loyalitas konsumen adalah kesetian konsumen dalam melakukan pembelian
pada suatu tempat. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen
dalam pembelian suatu barang diantaranya adalah gaya hidup, sikap, kualitas, harga
dan lokasi. Salah satu produk yang perlu dikaji mengenai loyalitas konsumen yaitu
produk hortikultura. Dimana, dapat diketahui bahwa produk pertanian merupakan
produk yang bersifat mudah rusak sehingga perlu dipertimbangkan mengenai
pemasaran nya yang salah satunya melalui faktor keputusan konsumen untuk
membeli. Sayuran merupakan produk hortikultura yang memiliki manfaat bagi
kesehatan. Sehingga, masyarakat menjadi semakin selektif dalam memilih sayuran
yang akan dikonsumsi dengan harapan agar mendapat manfaat terbaik bagi tubuh
(Ratih, 2019). Potensi dan banyaknya manfaat yang dimiliki sayuran menyebabkan
permintaan terhadap sayuran mengalami kenaikan setiap tahunnya. Dengan
demikian, tumbuhnya berbagai jenis pasar menjadikan kebutuhan akan produk
hortikultura terus penting bagi makanan yang sehat.
Penelitian ini akan dilakukan di Pasar Panorama Bengkulu yang merupakan
salah satu Pasar Tradisional dimana penjualan sayuran terbesar berada di Pasar
tersebut. Salah satu alasan karena letaknya di Pusat Kota yang jaraknya mudah
dijangkau oleh Masyarakat di Kota Bengkulu. Berdasarkan survey awal peneliti pada
Bulan Mei 2023 melalui wawancara dengan Bapak X selaku Kepala Pasar Panorama
diperoleh pernyataan bahwa Pasar Tumpah Panorama ini bisa dikatakan buka 24
Jam. Pasar yang berjualan pada malam hari sudah berlangsung kurang lebih 4 Tahun
yaitu mulai tahun 2019 hal ini juga diperkuat dengan wawancara beberapa pedagang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat loyalitas dan faktor-faktor
apa saja yang mempengaruhi loyalitas konsumen sayuran di Pasar Tumpah
Panorama Kota Bengkulu. Penelitian ini akan dilakukan selama bulan Juni-Juli 2024.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu data sekunder dan data primer.
Dimana data primer didapatkan dari wawancara langsung terhadap 100 pedagang
(rumus virtucio). Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis structural
equation modeling (SEM) untuk menjawab rumusan permasalahan.
Hasil penelitian menghasilkan bahwa Tingkat kepuasan konsumen dalam
pembelian sayuran di pasar tumpah panorama Kota Bengkulu memiliki kategori
puas. Tingkat loyalitas konsumen dalam pembelian sayuran di pasar tumpah
panorama Kota Bengkulu memiliki kategori loyal. Hasil analisis secara langsung
menghasilkan bahwa harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan
konsumen dan kepuasan konsumen dan kualitas layanan berpengaruh terhadap
loyalitas produk. Selain itu pengaruh tidak langsung menyatakan bahwa harga dan
kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan
konsumen. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat kepuasan dan
tingkat loyalitas konsumen sayuran di pasar Tumpah Panorama memiliki kategori
sangat puas dan sangat loyal. Dengan demikian, perlu adanya kebijakan baru dari
pemerintah yang harus segera memecahkan permasalahan yang ada. Hal itu karena
lokasi pasar tumpah panorama ini berada di trotoar sehingga mengganggu akses jalan
utama di kisaran Pasar Panorama. Dengan tingkat kepuasan dan loyalitas tinggi ini
menyatakan bahwa masyarakat sangat tertarik dan selalu ingin melakukan pembelian
di pasar ini, sehingga lalu lintas akan mengalami kemacetan yang terus menerus
karena dipenuhi oleh pedagang dan pembeli.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Agribusiness |
Depositing User: | Sugiarti, S.IPust |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 01:33 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 01:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26923 |