Wahyuni, Atin Tri and Dwi, Ismawati and Ririn, Gusti (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF PADA PROSES PENYELENGGARAAN PROGRAM PAKET C DI PKBM PEMATANG INDAH KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FIX SKRIPSI ATIN 22 MEI - Atin Tri Wahyuni.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi pembelajaran partisipatif dalam
penyelenggaraan program Paket C di PKBM Pematang Indah Kota Bengkulu
dengan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi, dan studi
dokumentasi yang divalidasi menggunakan triangulasi. Strategi pembelajaran
terdiri dari tiga tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada perencanaan,
dilakukan identifikasi kebutuhan belajar dan keterlibatan emosional peserta didik,
dengan program dilaksanakan dua kali seminggu pada Sabtu dan Minggu pukul
13.00-17.00 menggunakan metode tanya jawab dan kuis, serta media buku dan
pena, dengan sumber materi dari modul, buku paket, dan internet. Pelaksanaan
ditandai dengan hubungan terbuka dan akrab antara tutor dan peserta didik,
interaksi aktif, serta kontribusi peserta dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Evaluasi menunjukkan adanya kontribusi peserta didik, peningkatan ilmu
pengetahuan, penerimaan ijazah, dan keberhasilan dua dari 20 peserta didik
diterima di universitas yang diinginkan, meskipun tutor menghadapi tantangan
memahami karakteristik peserta yang berbeda dan menjaga konsentrasi, dengan
perubahan peserta didik dipantau melalui penilaian formatif dan sumatif.
Kata Kunci : Strategi, Partisipatif, Program Paket C , Pusat Kegiatan Belajar
Masyarakat
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 03:29 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 03:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26951 |