Sofino, Sofino and Ari, Putra (2025) PERAN ORANG TUA DALAM MEMPERSIAPKAN LITERASI PRA- MEMBACA ANAK USIA DINI DI KECAMATAN KEDURANG KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI M. ARIFIN fix - Muhamad arifin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam
mempersiapkan lieterasi pra membaca anak usia dini di Kecamatan Kedurang
Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kualitatif dengan subjek penelitian orang tua anak usia dini sebanyak 3
orang. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan
dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan dan teknik
validasi data menggunakan teknik triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan
orang tua berperan sebagai movitator dalam meningkatkan literasi membaca anak
usia dini di Kecamatan Kedurang Kabupaten Bengkulu Selatan dapat dilakukan
dengan cara memberikan anak pujian dengan kata-kata yang menyenangkan,
memberikan anak hadiah seperti dibelikan jajanan, dibelikan mainan atau diajak
ketempat bermain. Selaku Fasilitator orang tua mempersiapkan fasilitas untuk anak
belajar seperti peralatan tulis crayon, pensil, penghapus, buku media pembelajaran,
foster bergambar. Dalam meningkatkan literasi membaca anak orang tua juga
berperan sebagai mediator, orang tua bertindak selaku penghubung bagi anak dalam
membaca dengan cara membacakan buku cerita, tanya jawab dengan anak, belajar
menghubungkan huruf dengan kegiatan sehari-hari. Untuk menilai keberhasilan
anak orang tua berperan sebagai evaluator dengan cara melakukan evaluasi
terhadap hasil belajar anak dan melakukan pengulangan pembelajaran di rumah, hal
lain juga dilakukan dengan melihat perkembangan membaca anak dan memberikan
pelajaran secara berualang. Pengawasan orang tua terhadap anak sangat berberan
penting dalam meningkatkan literasi membaca anak, maka orang tua akan berperan
sebagai supervisor dengan cara mengawasi prilaku anak dalam belajar seperti
memberikan batasan waktu untuk setiap kegiatan anak.
Kata Kunci: Literasi, Membaca, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 03:29 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 03:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26956 |