MODEL PEMBELAJARAN OLEH TUTOR PKBM CENTELLA ASIATICA PADA PROGRAM PAKET C DI PONDOK RUMAH BELAJAR AN NAJMA

Fadila, Suci Cahya and Sofino, Sofino and Dwi, Ismawati (2025) MODEL PEMBELAJARAN OLEH TUTOR PKBM CENTELLA ASIATICA PADA PROGRAM PAKET C DI PONDOK RUMAH BELAJAR AN NAJMA. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI SUCI FIX (1) - Suci Cahya fadila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran yang
diterapkan oleh tutor PKBM Centella Asiatica pada program kesetaraan Paket C di
Pondok Rumah Belajar An Najma. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara,
observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
pembelajaran terdiri dari lima komponen utama, yaitu tujuan, materi, metode,
media, dan evaluasi. Tujuan pembelajaran tidak hanya berfokus pada pencapaian
akademis setara dengan SMA, tetapi juga pada pengembangan keterampilan hidup,
karakter, dan kesadaran sosial peserta didik. Materi pembelajaran disusun
berdasarkan konteks kehidupan peserta didik, menggunakan modul yang relevan
dan aplikatif, sehingga mampu menjawab kebutuhan belajar yang beragam. Metode
pembelajaran yang diterapkan bersifat variatif, termasuk ceramah, diskusi, kerja
kelompok, dan praktik langsung, yang dirancang untuk menciptakan suasana
belajar yang interaktif dan bermakna. Media pembelajaran meliputi mading, dan
perangkat digital sederhana seperti laptop untuk memperkaya pengalaman belajar.
Evaluasi pembelajaran dilakukan secara rutin, baik secara lisan maupun tertulis,
untuk mengukur pencapaian kompetensi dan memantau perkembangan peserta
didik secara berkelanjutan. Model pembelajaran yang diterapkan bersifat
kontekstual, fleksibel, dan berorientasi pada kebutuhan peserta didik, sehingga
mampu meningkatkan efektivitas proses pembelajaran yang berfokus pada
pengembangan keterampilan praktis, karakter, dan kesiapan peserta didik untuk
berpartisipasi aktif dalam masyarakat.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Program Paket C, PKBM, Pembelajaran
Kontekstual

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Oct 2025 03:29
Last Modified: 02 Oct 2025 03:29
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26959

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200