Rohim, Nursainatu and Rini, Indriani and Madani, Hatta (2025) PENGARUH MINAT BELAJAR, MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KOTA LUBUKLINGGAU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Tesis Nursainatu Rohim - Nursainatu Rohim.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Sejumlah besar siswa SMK di Kota Lubuklinggau masih kurang tertarik pada kelas akuntansi
karena berbagai faktor. Dengan kurangnya minat belajar, motivasi, dan gaya belajar siswa
tersebut terhadap pelajaran akuntansi kemungkinan akan mempengaruhi hasil belajar menjadi
tidak optimal. Sehingga, dalam hal ini salah satu permasalahan dalam pembelajaran akuntansi
yang seharusnya dibahas dalam kajian ini, yaitu tentang pemahaman yang lebih baik tentang
masalah ini, dapat dirancang strategi dan kebijakan yang lebih efektif untuk meningkatkan
hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi, baik itu melalui peningkatan minat,
motivasi, maupun gaya belajar upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya lulusan
akuntansi tingkat sekolah menengah. Teori Konstruktivisme adalah suatu teori yang
menjelaskan bahwa pengetahuan dan realitas dibangun oleh individu melalui pengalaman dan
interaksi dengan lingkungan. Metodologi yang diterapkan adalah survei dan bersifat
kuantitatif yang menggunakan data kuesioner siswa SMK di Kota Lubuklinggau sebanyak
158 responden yang dilakukan pengolahan data pada aplikasi SPSS. Hasil yang diperoleh
yakni minat belajar, motivasi belajar, dan gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar.
Implikasi praktis dalam penelitian ini adalah untuk menerapkan proses pembelajaran dengan
metode yang mudah dipahami, mengajar dengan metode yang berganti-ganti dan
memberikan pemahaman lebih dalam tentang bagaimana karakter individu (minat belajar,
motivasi dan gaya belajar)
Kata Kunci : Pendidikan Akuntansi, Minat Belajar, Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Hasil
Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Accounting Program |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 02:47 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 02:47 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26995 |