Tunnisa, Afrilia Zuroh and Didik, Suryadi and Nesna, Agustriana (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK KELOMPOK B. Other thesis, Universitas Bengkulu.
AFRILIA ZUROH TUNNISA_PGPAUD - Afrilia Zuroh Tunnisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Pembelajaran Audio
Visual menstmulasi kemampuan membaca yang layak dan praktis dalam
memanfaatkan potensi IT yang ada di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi
Bengkulu.Kemampuan membaca merupak salah satu fungsi tertinggi otak
manusia. Secara teoritis, membaca merupakan suatu proses dimana dapat
melibatkan pendengaran dan penglihatan, agar anak dapat memperoleh simbol
berupa bunyi atau kata. Penelitian ini menggunakan langkah pengembangan
menurut Borg & Gall, tetapi desain pengembangan media pembelajaran ini hanya
meliputi 7 langkah, yaitu (1) tahap potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3)
desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba awal, (7) revisi
produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Pembelajaran
Audio Visual layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi 0,75 dengan
validitas tinggi ahli Bahasa 0,83 dengan validitas sangat tinggi, dan ahli media
0,73 dengan validitas tinggi. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan uji kepraktisan
media Pembelajaran AudioVisual layak dan praktis untuk digunakan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Audio Visual, Kemampuan Membaca
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:50 |
| Last Modified: | 02 Oct 2025 04:50 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27036 |

