Nisa, Elzi Khoirun and Delrefi, Delrefi and Lyna, Sari (2025) PENGARUH MYSTERY BOX TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK A TK PERJUANGAN KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
Elzi Khoirun Nisa_A1I021010_perpus - Elzi khoirunnisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Terdapat beberapa anak yang mengalami kesulitan dalam memahami
konsep bilangan, bentuk geometri, warna dan ukuran besar/kecil. Mystery box
merupakan alat peraga yang digunakan oleh guru berupa kotak yang terbuat dari
karton padi yang di bungkus dengan kertas karton atau pembungkus warna-warni
agar menarik, dipenuhi dengan elemen kejutan dan di dalamnya ada beberapa
permainan yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak seperti belajar
angka 1--10, mengenal warna, menggelompokkan bentuk geometri yang berbentuk
macam-macam bentuk geometri. Kognitif merupakan kemampuan dalam
mengembangkan persepsi anak berdasarkan apa yang mereka lihat, rasakan dan di
dengar sehingga anak memiliki pemahaman yang komprehensif. Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui pengaruh mystery box terhadap kemampuan kohnitif pada
anak kelompok A di TK Perjuangan Kota Bengkulu. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh anak di TK Perjuangan Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini
sebanyak 30 anak diambil dengan menggunakan teknik sampling. Variabel dalam
penelitian ini adalah Mystery box dan kemampuan kognitif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan ststistik SPSS
26 dengan rumus Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa
Mystery box berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak
kelompok A.
Kata Kunci: Mystery box, Kemampuan Kognitif Anak
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:50 |
| Last Modified: | 02 Oct 2025 04:50 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27039 |

