Afrilliana, Ifta and Riyanto, Riyanto and Nesna, Agustriana (2025) PENGARUH MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP ANGKA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM AL AZHAR 50 BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ifta Afrilliana_A1I021033_PGPAUD FKIP UNIB - ifta afrilliana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Kemampuan anak dalam mengenal konsep angka dapat dipengaruhi oleh banyak
faktor, salah satunya dipengaruhi oleh media pembelajaran yang digunakan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi media kartu angka mempengaruhi
mengenal konsep angka dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan
strategi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif.
Populasi penelitian meliputi semua anak kelompok B tahun ajaran 2024/2025 di TK
Islam Al Azhar 50 Bengkulu yang berjumlah 79 anak. Teknik pengambilan sampel
menggunakan nonprobability sampling, dengan total sampel 28 anak. Pengumpulan
data menggunakan observasi dan tes, data dianalisis dengan analisis parametrik one
group pre-test and post-test design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media
kartu angka memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan
mengenal konsep angka yang ditunjukkan oleh nilai t hitung -6.644 < 0,05, artinya
�0 ditolak dan �1 diterima. Maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara sebelum dan setelah media kartu angka diterapkan terhadap
kemampuan mengenal konsep angka anak kelompok B Di TK Islam Al Azhar 50
Bengkulu.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Konsep Angka, Kartu Angka.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:50 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 04:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27045 |