PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM AL AZHAR 50 BENGKULU

Hilmi, Sayyidah and Riyanto, Riyanto and Nesna, Agustriana, (2025) PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM AL AZHAR 50 BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Sayyidah_Hilmi_A1I021025_Skripsi[2] - Sayyidah Hilmi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Anak usia 4—5 tahun masih mengalami kesulitan dalam mengenal simbol angka dan
mengurutkannya secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan alat permainan edukatif Sandpaper Number terhadap kemampuan
numerasi anak. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
pre-eksperimental tipe One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian
berjumlah 15 anak yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang
digunakan berupa lembar observasi dan tes. Hasil analisis data menunjukkan adanya
peningkatan nilai rata-rata dari pretest sebesar 40,13 menjadi 50,87 pada posttest. Uji
Paired Samples t-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan numerasi antara
anak yang belajar menggunakan sandpaper number dan anak yang belajar
menggunakan media konvesional. Dengan demikian, penggunaan alat permainan
edukatif Sandpaper Number berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan
numerasi anak kelompok A. Media ini terbukti efektif karena bersifat multisensori,
konkret, dan sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini. Kelebihan
penelitian ini efektif karena menggunakan media inovatif yang sesuai dengan
karakteristik anak usia dini, terbukti signifikan meningkatkan kemampuan numerasi.
Temuan ini juga mendorong penggunaan metode pembelajaran yang lebih menarik dan
konkret di PAUD.
Kata kunci : alat permainan edukatif, sandpaper number, kemampuan numerasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Oct 2025 04:50
Last Modified: 02 Oct 2025 04:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27050

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor