Ardianty, Wulan and Riyanto, Riyanto and Wembrayarli, Wembrayarli (2025) PENERAPAN METODE STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK PADA KELOMPOK A DI TK DELLIA CREATIVE SCHOOL KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Akhir Wulan Ardianty A1I021002 - Wulan Ardianty.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Kemampuan menyimak merupakan salah satu keterampilan dasar bahasa yang penting
dimiliki untuk anak usia dini, karena menjadi landasan untuk perkembangan bahasa selanjutnya.
Namun, berdasarkan hasil observasi awal, keterampilan menyimak pada anak kelompok A di TK
Dellia Creative School masih tergolong rendah. Anak masih kurang fokus dalam pembelajaran dan
struktur kosa kata dan kalimat yang dimiliki anak masih kurang. Tujuan penelitian ini untuk
meningkatkan keterampilan menyimak anak melalui metode storytelling pada anak kelompok A di
TK Dellia Creative School Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Subjek dalam penelitian ini yaitu anak usia 4—5 tahun berjumlah 12 orang anak. Pengumpulan data
dalam penerapan metode storytelling untuk meningkatkan keterampilan menyimak anak
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
rumus rata-rata untuk mengetahui keberhasilan anak. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya
peningkatan dari siklus I dengan rata-rata 1,98 dan siklus II dengan rata-rata 3,81. Berdasarkan hasil
penelitian ini disarankan kepada guru untuk dapat menerapkan metode storytelling karena terbukti
efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak anak.
Kata Kunci: Metode Storytelling, Keterampilan menyimak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:50 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 04:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27052 |