Aryani, Tesa and Dwi, Anggraini and Nani, Yuliantini (2025) IMPLEMENTASI TOLERANSI DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR PATRIA DHARMA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
_LENGKAP SKRIPSI TESA - Tesa Ariani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi toleransi dalam
pendidikan multikultural di Sekolah Dasar Patria Dharma. Penelitian menggunakan
metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu satu orang
guru kelas I dan sepuluh orang peserta didik kelas I. Pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data mencakup
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan implementasi toleransi telah terlaksana melalui empat aspek yaitu
1)Aspek integrasi budaya, indikator toleransi yang diterapkan meliputi kebebasan
berkeyakinan, menghormati pendapat berbeda, berpikir dari berbagai perspektif, dan
interaksi dengan orang dari latar belakang berbeda, 2)Aspek pembelajaran
kolaboratif, indikator toleransi tercermin dalam interaksi antar peserta didik beragam
latar belakang, penghormatan terhadap pendapat berbeda, pengakuan keragaman, dan
saling pengertian melalui pengaturan kelompok belajar dan tempat duduk yang
beragam, 3)Aspek kompetensi interkultural ditunjukkan melalui kemampuan peserta
didik berinteraksi dan saling membantu tanpa memandang latar belakang, 4)Aspek
penghargaan perbedaan, indikator toleransi terlihat dari ruang diskusi yang
mendukung, penggunaan materi pelajaran yang mencerminkan keragaman, dan
penghormatan terhadap praktik keagamaan. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa sekolah dasar Patria Dharma mengimplementasikan indikator toleransi dalam
aspek-aspek pendidikan multikultural, namun masih terdapat aspek yang belum di
implementasikan yaitu aspek pengembangan modul.
Kata Kunci : Toleransi, Pendidikan Multikultural, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 07:39 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 07:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27064 |