Panggabean, Messi Rijkiani Putri and Ridha, Rizki Novanda and Nola, Windirah (2024) ANALISIS PENGARUH PROMOSI ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINUMAN INOVASI (Studi Kasus: UMKM Minumin Kota Bengkulu). Other thesis, Universitas Bengkulu.
cetak skripsi Messi rijkiani_E1D020001 - Messi Rijkiani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Perkembangan dunia teknologi yang semakin meju mengakibatkan meningkatnya
penggunaan internet khusunya pada media sosial, fenomena peningkatan penggunaan media
sosial tentunya dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk melakukan kegiatan promosi di
media sosial, karena biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dan peyebaran jangkauan promosi
yang luas ketika menggunakan promosi online melalui media sosial, salah satu media sosial
yang digunakan sebagai sarana promosi ialah media sosial intagram karena terdapat fitur
yang dapat menunjang kegiatan promosi.
Penelitian ini dilakukan di UMKM Minumin kota Bengkulu yang terdiri dari 9 outlet
yang tersebar dibeberapa titik wilayah kota Bengkulu, pemilihan lokasi di pilih secara
sengaja (Purposive) bedasarkan pertimbangan tertentu, UMKM Minumin merupakan salah
satu UMKM yang menjual produk Minuman inovasi yang berada di kota Bengkulu yang
mempunyai pengikut dan postingan terbanyak yang ada di kota Bengkulu. Penelitian ini
dilakukan pada bulan maret – april 2024.
Tahapan keputusan pembelian yang dilakukan konsumen UMKM Minumin sebelum
melakukan pembelian terdiri dari lima tahapan, tahapan yang pertama pengenalan
kebututuhan dengan nilai rata-rata 3,5 pada kategori sedang kemudian, tahapan pencarain
informasi dengan nilai 3,5 pada kategori sedang, tahapan ketiga yaitu evaluasi alternatif
dengan nilai rata-rata 3,2 pada kategori sedang, kemudian tahapan keempat keputusan
pembelian dengan nilai rata-rata 4,0 pada kategori tinggi dan tahapan kelima evaluasi pasca
pembelian dengan nilai rata-rata 4,2 pada kategori tinggi. Kemudia terdapat dua faktor
promosi online melalui media sosial yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
keputusan pembelian produk Minuman inovasi pada UMKM Minumin oleh konsumen yaitu
variabel Collaboration dengan nilai p-value ( 0,001) <0,1 dan variabel Connection
dengannilai p-Value (0.047)<0,1. Dan variabel yang paling dominan terhdap keputusan
pembelian adalah variabel Collaboration.
Kata kunci: Minuman Inovasi, Promosi online, Media Sosial, Keputusan Pembelian
(Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian,
Universitas Bengkulu)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
| Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
| Depositing User: | Sugiarti, S.IPust |
| Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:07 |
| Last Modified: | 02 Oct 2025 04:07 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27092 |

