Cahyanti, Puput Fatiya and Gushevinalti, Gushevinalti and Dhanurseto, Hadiprashada (2025) PENGUATAN PROMOSI DIGITAL UMKM FROZEN FISH ANNISA 88 MELALUI PEMANFAATAN INSTAGRAM @FROZENFISH_ANNISA88. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis Puput Fatiya Cahyanti_MIKOM - Puput Fatiya Cahyanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penguatan promosi digital UMKM Frozen Fish Annisa 88 melalui pemanfaatan Instagram @frozenfish_annisa88. Di era digital saat ini, penggunaan media sosial telah menjadi salah satu strategi utama dalam meningkatkan visibilitas dan daya saing usaha, terutama bagi UMKM yang menghadapi keterbatasan sumber daya dibandingkan dengan perusahaan besar. Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus,
data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis konten digital pada akun Instagram yang menjadi fokus penelitian. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan penguatan promosi digital UMKM Frozen Fish Annisa 88 melalui pemanfaatan Instagram @frozenfish_annisa88 dapat dilakukan dengan pengingkatan frekuensi dan produksi konten, perubahan strategi promosi digital, responsivitas terhadap audiens yang lebih cepat, dan konsistensi visual dalam unggahan di instagram. Dan pemanfaatan instagram secara signifikan meningkatkan interaksi dengan konsumen, memperluas jangkauan pasar, dan membantu membangun citra merek yang lebih kuat. Visualisasi produk yang
menarik, strategi penyampaian pesan yang kreatif, penggunaan fitur-fitur Instagram seperti story dan postingan reguler telah mendukung kinerja promosi UMKM Frozen Fish Annisa 88 secara positif. Temuan ini menyarankan agar untuk para
pelaku usaha online yang menggunakan media sosial sebagai media promosi, sebaiknya lebih bijak dalam memilih media yang dijadikan media pemasaran online. Dengan demikian, penguatan promosi digital melalui Instagram tidak hanya
berpotensi meningkatkan penjualan, tetapi juga memperkokoh posisi brand Frozen Fish Annisa 88 dalam pasar yang semakin kompetitif.
Kata kunci : IMC, strategi promosi digital, instagram
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Communication Science Program |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:51 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 04:51 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27108 |