Oktafinanda, Khairunisa and Afrima, Widanti (2025) PERAN MEDIA SOSIAL, KESADARAN LINGKUNGAN, DAN KESADARAN MEREK TERHADAP NIAT BELI PRODUK EKOLABEL GREENLIGHT PADA TOKO 3SECOND DI INDONESIA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI KHAIRUNISA OKTAFINANDA - Khairunnisa Okta finanda (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Industri fashion di Indonesia berkembang pesat namun berdampak negatif
terhadap lingkungan, terutama melalui polusi yang dihasilkan dari bahan kimia dalam
produksi. Masalah lingkungan, seperti deforestasi, polusi, dan perubahan iklim, semakin
mendesak dan memerlukan upaya berkelanjutan untuk menjaga keberlanjutan alam. Di
tengah tantangan ini, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keberlanjutan
meningkat, dan produsen mulai mengembangkan produk ekolabel yang ramah
lingkungan untuk memenuhi permintaan konsumen yang peduli terhadap dampak
lingkungan. Media sosial memainkan peran penting dalam meningkatkan kesadaran
merek dan niat beli produk ekolabel seperti GreenLight di Toko 3Second. Berbagai
penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti media sosial, kesadaran
lingkungan, dan kesadaran merek memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beli
produk ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih lanjut
pengaruh faktor-faktor tersebut dalam konteks niat beli konsumen di Indonesia,
khususnya pada produk ekolabel GreenLight.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data
primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Teknik non-probability sampling
digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling sebagai metode pengambilan
sampel. Penelitian ini menggunakan empat variabel yaitu media sosial, kesadaran
lingkungan, kesadaran merek, dan niat beli. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah
200 responden yang merupakan pelanggan produk GreenLight di toko 3Second.
Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan SmartPLS.
Media sosial, kesadaran lingkungan, dan kesadaran merek terbukti memiliki
pengaruh positif yang signifikan terhadap niat beli produk ekolabel GreenLight di Toko
3Second. Penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial efektif dalam meningkatkan
pemahaman konsumen mengenai produk ramah lingkungan, sedangkan kesadaran
lingkungan dan merek mendorong konsumen untuk memilih produk yang mendukung
keberlanjutan dan ramah lingkungan. Oleh karena itu, perusahaan perlu memanfaatkan
ix
media sosial dan meningkatkan kesadaran merek serta lingkungan untuk mendorong
konsumen membeli produk ekolabel.
Perusahaan yang memproduksi produk ekolabel sebaiknya memanfaatkan
media sosial untuk mempromosikan keberlanjutan dan mengedukasi konsumen, sambil
meningkatkan kesadaran lingkungan melalui kampanye yang transparan mengenai
dampak produk mereka. Selain itu, perusahaan perlu menyesuaikan strategi pemasaran
dengan nilai keberlanjutan yang lebih menonjol dan melibatkan konsumen dalam
memilih produk yang sesuai dengan komitmen lingkungan, serta melakukan penelitian
lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang mempengaruhi niat beli
produk ekolabel.
Kata Kunci: Kesadaran Lingkungan, Kesadaran Merek, Media sosial, Niat Beli
Produk
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:42 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 04:42 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27109 |