Fadhilah, Arif Rahman and Ilsya, Hayadi (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BEAUTY INFLUENCER TERHADAP PURCHASE INTENTION DIMEDIASI OLEH BRAND IMAGE PADA SKINCARE PRIA DI BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Dokumen dari Arif Rahman Fadhilah - Arif Fadhilah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Social Media Marketing dan Beauty
Influencer Terhadap Purchase Intention Dimediasi oleh Brand Image (Studi Kasus
Skincare Pria di Bengkulu)”. Latar belakang dari penelitian ini didasari oleh
meningkatnya kesadaran pria terhadap perawatan kulit, serta pengaruh signifikan
media sosial dan beauty influencer dalam membentuk citra merek dan keputusan
pembelian konsumen, khususnya di kalangan pria.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung Social
Media Marketing dan Beauty Influencer terhadap Brand Image dan Purchase
Intention. Pengaruh Brand Image terhadap Purchase Intention. Peran mediasi Brand
Image dalam hubungan antara Social Media Marketing dan Beauty Influencer
terhadap Purchase Intention. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif
dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner online. Teknik sampling yang
digunakan adalah purposive sampling, dengan total responden sebanyak 200 pria
pengguna skincare di Kota Bengkulu. Data dianalisis menggunakan metode
Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan SmartPLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Social Media Marketing dan Beauty
Influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image. Brand Image
berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention.Terdapat pengaruh signifikan
dari Social Media Marketing dan Beauty Influencer terhadap Purchase Intention,
x
baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Brand Image sebagai variabel
mediasi. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam pengembangan
strategi pemasaran digital dan memberikan implikasi praktis bagi perusahaan
skincare untuk meningkatkan minat beli konsumen pria melalui optimalisasi media
sosial dan kolaborasi dengan beauty influencer.
Kata Kunci: Social Media Marketing, Beauty Influencer, Brand Image, Purchase
Intention, Skincare Pria
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 07:36 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 07:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27160 |