Aprilia, Diana and Neza, Agusdianita and Herman, Lusa (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PENJUMLAHAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS 1 GUGUS X11 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
diana 3_merged_compressed - Miftahul Jannah 0803.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan
penjumlahan terhadap pemahaman konsep matematika kelas I Gugus Xll Kota
Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu
the matching only pretest postest control grup desain . Populasi penelitian ini adalah
Siswa Kelas I sekolah dasar gugus Xll Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini yaitu
Kelas IA DAN IB SD Negeri 81 Kota Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel
menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini berupa pretest dan postest . Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif
yaitu statistik deskriptif, uji prasyarat , dan uji hipotesis. Hasil penelitian didapatkan
nilai tertinggi pada saat pretest pada kelas kontrol yaitu 40 sedangkan tertinggi yaitu
70, Nilai terendah pretest kelas eksperimen yaitu 10 dan nilai tertingginya adalah 70.
Sedangkan nilai terendah postest pada kelas kontrol yaitu 50 dan tertinggi yaitu 80 dan
nilai postest terendah pada kelas eksperimen yaitu 70 dan tertinggi yaitu 100. Uji
hipotesis dalam penelitian ini menggunakan mann whitney karena nilai yang tidak
normal, sehingga hasil yang diperoleh yaitu Asymp.Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 .Hasil
data ini me$nunjukkan adanya perbedaan rata-rata pemahaman konsep siswa pada
pretest dan postest kelas IA dan IB. sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat
pengaruh media papan penjumlahan pada pembelajaran matematika kelas I Gugus Xll
Kota Bengkulu terhadap pemahaman konsep siswa.
Kata Kunci:Papan penjmlahan, Matematika, Pemahaman Konsep.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 08:41 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 08:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27170 |