Agusti, Ersa and Dwi, Anggraini and Yusnia, Yusnia (2025) PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF “BINTANG” BERBASIS CANVA TERHADAP LITERASI BUDAYA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN GUGUS XIV KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ERSA AGUSTI_A1G021143_SKRIPSI (2) - Ersa Agusti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif
”BINTANG” berbasis canva terhadap literasi budaya peserta didik dalam
pemebelajaran IPAS kelas IV SDN gugus XIV Kota Bengkulu. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperiment dan jenis
desain the matching Only Pretest-Postest Control Grub Desain. Populasi dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Gugus XIV Kota Bengkulu.
Sedangkan sampelnya adalah peserta didik kelas IVB SD Negeri 24 Kota
Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IV Sd Negeri 45 Kota
Bengkulu sebagai kelas kontrol yang diperoleh melalui cluster random sampling.
Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-test dan
post-test dalam bentuk soal tes sesuai indikator literasi budaya. Hasil uji coba
hipotesis menunjukan bahwa thitung = 2,135 dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,037.
Untuk mengetahui nilai terdistribusi ttabel dilihat berdasarkan df = 61 sengan taraf
signifikansi α = 0,05 adalah 1,999. Karena nilai thitung > ttabel (2,133 > 1, 999) dan
dan nilai sig. (2-tailed) 0,037 < 0,05. Dengan rincian nilai rata-rata pada materi
pembelajaran IPAS kelas Eksperimen sebesar (69,70) dan dikelas kontrol sebesar
(58,67). Data menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam literasi budaya
antara kelompok eksperimen dan kontrol, yang disebabkan oleh perbedaan
perlakuan pembelajaran. Kelompok eksperimen menggunakan multimedia
interaktif “BINTANG” berbasis Canva, sedangkan kelompok kontrol tidak.
Berdasarkan hasil tersebut, Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh positif
multimedia interaktif “BINTANG” berbasis Canva terhadap literasi budaya
peserta didik dalam pembelajaran IPAS kelas IV SDN Gugus XIV Kota
Bengkulu.
Kata Kunci: IPAS, Multimedia Interaktif, Canva, Literasi Budaya
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 08:41 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 08:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27172 |